Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Telkom Hadirkan Satelit untuk Kapal Kecil

Kompas.com - 30/08/2019, 20:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha Telkom Indonesia, yakni Telkomsat memperkenalkan produk dan layanan maritim berupa satelit untuk kapal kecil. Produk ini dikenalkan pada pameran INAMARINE 2019.

Salah satu produk tersebut adalah Ultra Small Aperture Terminal (USAT).

"Saat ini Telkomsat baru saja mengembangkan USAT, di mana produk ini merupakan solusi layanan untuk segmen low cost maritim dan pemilik kapal kecil," kata SEAM Maritime, Oil and Gas, and Aviation Tjatur Prasetyo dalam pernyataannya, Jumat (30/8/2019).

Tjatur menjelaskan layanan USAT berdasarkan pada teknologi komunikasi satelit terbaru dengan teknologi TDMA (outbound and inbound management) yang memungkinkan layanan shared bandwidth, sehingga menghemat penggunaan transponder bandwidth serta menjaga harga layanan airtime tetap terjangkau.

Selain itu, sistem komunikasi ini menggunakan kecepatan unggah data mulai dari 250 Kbps dan kecepatan unduh data hingga 1 Mbps.

Baca juga: Indonesia akan Luncurkan Satelit Satria pada 2022, Ini Manfaatnya

Tjatur juga mengatakan secara khusus, layanan ini menargetkan kapal-kapal kecil, baik di skala regional maupun daerah pesisir, misalnya pada sektor perikanan dan layanan offshore.

Layanan ini akan memainkan peran penting dalam usaha memodernisasi industri seperti perikanan, manajemen kapal yang efisien dan untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan jutaan para pelaut.

"Tidak hanya USAT, melalui ajang ini Telkomsat berkesempatan memperkenalkan produk & layanan maritim nya berupa solusi layanan terintegrasi untuk telekomunikasi maritim seperti, internet di atas kapal (Coconnet), dam Vessel Information System (VIS) untuk memonitoring logistik dan pergerakan kapal," katanya.

Tjatur menjelaskan, teknologi USAT mampu menstabilkan arah pointing ke satelit yang dituju walaupun platform tempat antena bergoyang atau bergerak.

Dengan demikian, interkoneksi untuk akses internet dan aplikasi lain yang sangat dibutuhkan bagi kegiatan bisnis di lepas pantai dan di tengah laut dapat terpenuhi.

Telkomsat adalah penyedia layanan satelit yang memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional. Telkomsat mengembangkan bisnis pada sektor maritim sejak tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com