Beriklan di Google Kena PPN Bakal Bebankan Konsumen, tapi....

Kompas.com - 01/09/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Google SPENCER PLATT/AFPIlustrasi Google

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 1 Oktober 2019 nanti, PT Google Indonesia bakal mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen bagi Anda pengguna layanan Google Ads.

Ekonom Center of Reform on Economics Piter Abdullah Redjadalam mengatakan, pengenaan pajak yang diterapkan oleh Google Ads untuk mematuhi peraturan pajak setempat sudah pasti akan memberatkan dan merugikan konsumen.

"Memang yang akan "dirugikan" adalah konsumen karena dengan adanya PPn maka otomatis harga akan naik. PPn pasti akan dibebankan kepada konsumen, tidak akan ditanggung oleh produsen," kata Piter kepada Kompas.com, Minggu (1/9/2019).

Meski memberatkan konsumen, Piter mengatakan pengenaan pajak sebenarnya tidak akan terlalu berpengaruh secara signifikan. Pasalnya, pengenaan pajak memang sudah kewajiban dan normal terjadi.

Baca juga: Mulai 1 Oktober 2019, Beriklan di Google Kena PPN 10 Persen

"Tapi proses ini sebenarnya akan normal saja. Kenaikan harga yang dibebankan kepada konsumen tidak akan terlalu signifikan," jelasnya.

Alih-alih memberatkan, pengenaan pajak ini justru mempercepat pembangunan sektor-sektor potensial, yang dampaknya juga akan dirasakan oleh masyarakat. Sebab, penerimaan negara akan bertambah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menurut saya akan menguntungkan pemerintah karena akan menjadi sumber baru tambahan penerimaan pajak, terutama mengingat penerimaan pajak pada tahun ini diproyeksikan akan lebih rendah dari target," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Google Ads bakal mulai mengenakan PPn 10 persen kepada pengguna layanannya per 1 Oktober.

Baca juga: UMKM Ingin Go Digital, Ini Cara yang Disarankan Google

Adapun pengenaan pajak ini sebagai bentuk patuh pada peraturan pajak setempat.

Alhasil, semua pemasangan iklan di Google Ads dengan alamat penagihan di Indonesia akan dikenakan PPN 10 persen.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.