Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Tembakau Alternatif Masih Tuai Pro Kontra, Perlu Banyak Riset

Kompas.com - 01/09/2019, 18:38 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Perkembangan produk tembakau alternatif termasuk vape dan produk tembakau yang dipanaskan lainnya masih menuai pro dan kontra.

Hal ini terkait dengan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat. Ada yang bilang dampak bahayanya lebih rendah, namun ada yang bilang sama saja bahkan lebih parah dari rokok biasa.

Menurut Pendiri dan Ketua YPKP Indonesia Achmad Syawqie Yazid, salah satu cara untuk memecah persoalan tersebut yakni harus memperbanyak riset.

"Harusnya mari kita bicara dengan data yang ada, kita samakan alat ukurnya, mari diteliti lagi, teliti lagi mengumpulkan datanya," ujarnya di sela-sela Asia Harm Reduction Forum (AHRF) ke-13 di Seoul, Korea Selatan, Kamis (29/8/2019).

Baca juga: Asosiasi: Industri Rokok Elektrik RI Sudah Punya Ribuan Pengecer

Saat ini menurut Achmad, penelitian terkait dampak vape di Indonesia masih sangat minim. Padahal kata dia, dari situ bisa terlihat dampak vape kepada kesehatan.

Profesor bidang kesehatan Universitas Padjadjaran (Unpad) itu mengatakan, ia sendiri sudah mengajukan proposal penelitian terkait ada atau tidaknya dampak vape kepada gen tumor.

YPKP berharap pemerintah bisa menaruh perhatian terhadap riset, utamanya terkait penggunaan vape. Hal ini penting karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi rokok yang besar di dunia.

Bila terbukti produk tembakau alternatif memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kesehatan dari pada rokok biasa, maka para perokok bisa beralih untuk kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Asosiasi Vape Mulai Manfaatkan Akar dan Batang Tembakau dari Petani

Sementara itu Profesor at Lee Kuan Yew of Public Policy, National University of Singapore, Tikki Pengestu mengatakan, minimnya riset merupakan salah satu tantangan produk tembakau alternatif.

Padahal menurutnya, riset-riset perlu dilakukan sehingga pemerintah punya gambaran utuh terkait produk tembakau alternatif.

Hal ini juga penting agar pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat agar masyarakat bisa memiliki kesehatan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com