Produk Tembakau Alternatif Masih Tuai Pro Kontra, Perlu Banyak Riset

Kompas.com - 01/09/2019, 18:38 WIB
Ilustrasi vape Christian HorzIlustrasi vape

SEOUL, KOMPAS.com - Perkembangan produk tembakau alternatif termasuk vape dan produk tembakau yang dipanaskan lainnya masih menuai pro dan kontra.

Hal ini terkait dengan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat. Ada yang bilang dampak bahayanya lebih rendah, namun ada yang bilang sama saja bahkan lebih parah dari rokok biasa.

Menurut Pendiri dan Ketua YPKP Indonesia Achmad Syawqie Yazid, salah satu cara untuk memecah persoalan tersebut yakni harus memperbanyak riset.

"Harusnya mari kita bicara dengan data yang ada, kita samakan alat ukurnya, mari diteliti lagi, teliti lagi mengumpulkan datanya," ujarnya di sela-sela Asia Harm Reduction Forum (AHRF) ke-13 di Seoul, Korea Selatan, Kamis (29/8/2019).

Baca juga: Asosiasi: Industri Rokok Elektrik RI Sudah Punya Ribuan Pengecer

Saat ini menurut Achmad, penelitian terkait dampak vape di Indonesia masih sangat minim. Padahal kata dia, dari situ bisa terlihat dampak vape kepada kesehatan.

Profesor bidang kesehatan Universitas Padjadjaran (Unpad) itu mengatakan, ia sendiri sudah mengajukan proposal penelitian terkait ada atau tidaknya dampak vape kepada gen tumor.

YPKP berharap pemerintah bisa menaruh perhatian terhadap riset, utamanya terkait penggunaan vape. Hal ini penting karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi rokok yang besar di dunia.

Bila terbukti produk tembakau alternatif memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kesehatan dari pada rokok biasa, maka para perokok bisa beralih untuk kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Asosiasi Vape Mulai Manfaatkan Akar dan Batang Tembakau dari Petani

Sementara itu Profesor at Lee Kuan Yew of Public Policy, National University of Singapore, Tikki Pengestu mengatakan, minimnya riset merupakan salah satu tantangan produk tembakau alternatif.

Padahal menurutnya, riset-riset perlu dilakukan sehingga pemerintah punya gambaran utuh terkait produk tembakau alternatif.

Hal ini juga penting agar pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat agar masyarakat bisa memiliki kesehatan yang lebih baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X