Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Milenial Paling Pelit soal Uang Tip

Kompas.com - 02/09/2019, 14:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Esquire

NEW YORK, KOMPAS.com - Anda generasi milenial, ketika memesan kopi atau makanan di kafe atau restoran, pernahkah menyisihkan uang untuk dimasukkan ke dalam kotak tip sebagai apresiasi bagi barista atau pelayan restoran?

Ternyata, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa generasi milenial paling jarang memberi uang tip.

Dikutip dari Esquire, Senin (2/9/2019), CreditCards.com menemukan bahwa 10 persen orang dewasa berusia 18-37 tahun alias generasi milenial secara rutin tidak pernah memberikan uang tip.

Survei dilakukan CreditCards.com terhadap 1.000 orang responden.

Ketika diberikan beberapa opsi pemberian uang tip, satu dari enam generasi milenial memilih besaran uang tip yang paling rendah. Adapun satu dari lima generasi milenial tak memberikan uang tip sama sekali.

Baca juga: Jasa Porter di Bandara Soekarno Hatta Gratis, Penumpang Diimbau Tak Beri Tip

Di restoran pun, hampir sepertiga milenial meninggalkan uang tip tak lebih dari 15 persen dari total belanjaan. Adapu generasi yang lebih tua lebih murah hati soal uang tip.

Studi tersebut berpendapat bahwa pendapatan, bukan usia, adalah faktor yang lebih baik untuk mengetahui kebiasaan memberi uang tip.

Pemberian uang tip pun sebenarnya bisa menempatkan orang pada situasi yang aneh dan aturannya juga tak jelas, apalagi jika misalnya ketika akan memberi uang tip bagi pengemudi transportasi online, karyawan hotel, atau usai membeli makanan di warung.

Akan tetapi, di banyak restoran, uang tip bisa menjadi 'penyelamat' karyawan dari gaji yang tak besar.

Studi tersebut juga menemukan rata-rata uang tip yang diberikan oleh perempuan adalah 20 persen, namun pria hanya 16 persen.

Adapun generasi yang paling dermawan soal uang tip adalah mereka yang berusia 65 tahun ke atas. Separuh di antaranya meninggalkan uang tip paling tidak 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Esquire
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com