Naik, 1,48 Juta Orang Turis Asing Kunjungi Indonesia pada Juli 2019

Kompas.com - 02/09/2019, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terdapat kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Juli 2019 terhadap Juni 2019. Jumlah tersebut naik 2,04 persen menjadi 1,48 juta kunjungan.

"Kenaikan ini bisa dipahami bahwa Juni memang musim liburan sekolah dan cuti di belahan bumi Amerika, Australia, dan Eropa," kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Adapun jumlah wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 977.420, pintu masuk laut sebanyak 316.720, dan pintu masuk darat sebanyak 189.650.

Kendati wisman yang berkunjung melalui udara paling banyak ketimbang pintu masuk lain, jumlah ini mengalami penurunan sebesar 8,94 persen ketimbang Juli 2018.

Baca juga: BPS: 7,83 Juta Wisatawan Asing ke Indonesia, Terbanyak dari Malaysia

"Penurunan terjadi di 11 pintu masuk udara. Presentasi penurunan tertinggi terjadi di Bandara Lombok, diikuti Bandara Juanda, dan Bandara Adi Sutjipto," kata Suhariyanto.

Sedangkan, peningkatan wisman terbesar berada di 4 pintu masuk udara, secara berturut-turut yaitu Bandara Supadio dan Bandara Minangkabau.

"Wisman yang datang ini kebanyakan dari Malaysia, Tiongkok, Singapura, Australia, dan Timor Leste," jelasnya.

Kendati kunjungan wisman pada Juli 2019 mengalami kenaikan, jumlah kunjungan wisman justru menurun secara tahunan (yoy). Jumlah penurunannya mencapai 4,10 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: Dahsyat, Pangan Lokal Tingkatkan Stamina Wisatawan Asing di Bali

Sehingga secara kumulatif dari Januari-Juli 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia naik 2,63 persen menjadi 9,31 juta kunjungan dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 9,07 juta kunjungan.

"Biasanya bulan depan kemungkinan masih naik, kemudian turun lagi sampai November. Dan kenaikan akan terjadi pada Desember 2019," ucap Suhariyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.