Kemenhub: Aspek Geometrik Sebabkan Tol Cipularang Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 02/09/2019, 16:31 WIB
Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menilai aspek geometrik di Tol  Cipularang menyebabkan  kendaraan yang melintas bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Atas dasar itu, perlu kewaspadaan pengemudi disaat melintas di ruas tol tersebut. Khususnya bagi kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta.

“Kalau saya lihat dari sisi geometrik jalan itu memang jalan kan agak tikungan dan kemudian turunan. Jadi kalau dari Bandung pasti kecenderungannya adalah kecepatan tinggi,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Kendati begitu, Budi belum bisa memastikan apa penyebab pastinya insiden kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas tol tersebut. Saat ini, Kemenhub tengah menerjunkan tim ke lokasi untuk mencari tahu penyebab pastinya insiden tersebut.

“Kami juga ingin tahu sebenarnya faktor penyebabnya apa, karena ada kebakaran juga kalau enggak salah ya melibatkan beberapa kendaraan. Korban manusia kalau enggak salah 6 orang. Jadi ini termasuk kecelakaan yang menonjol,” kata Budi.

Sebelumnya, kecelakaan beruntun terjadi di Tol Purbaleunyi Km 91, Purwakarta, Jawa Barat, Senin.

Hingga kini korban tewas berjumlah 6 orang dan luka puluhan orang. Sejumlah korban dibawa ke RSUD Purwakarta, RS Thamrin dan RS Siloam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X