Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Ditutup Menguat 0,03 Persen ke Level Rp 14.194 Per Dollar AS

Kompas.com - 02/09/2019, 17:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah ditutup menguat terhadap mata dollar AS.

Data Bloomberg pada Senin (2/9/2019) Pukul 15.58 WIB kurs rupiah menguat 0,03 persen di level Rp 14.194 per dollar AS.

Pada penutupan akhir pekan lalu kurs rupiah bertengger di level Rp 14.198 per dollar AS, atau menguat selama pekan lalu.

Kurs rupiah di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau JISDOR di level Rp 14.190 per dollar AS atau menguat 0,33 persen dibandingkan penutupan di akhir pekan kemarin Rp 14.237 per dollar AS.

Baca juga: Menguat, Ini Kurs Rupiah terhadap Dollar AS di 6 Bank Besar

Penguatan rupiah hari ini pun melawan arus pelemahan sebagian besar mata uang Asia. Di pasar spot, rupiah hanya menguat bersama dengan yen Jepang dan dollar Hong Kong.

Sementara mayoritas mata uang Asia pagi ini melemah terhadap the greenback.

"Yield obligasi Indonesia yang menarik menjadi faktor yang menyokong rupiah, terutama dengan yield US Treasury yang kini turun ke rekor terendah," kata Chang Wei Liang, macro strategist DBS Bank Singapura kepada Bloomberg.

Chang memperkirakan, rupiah akan bergerak di rentang Rp 14.000 hingga Rp 14.500 per dollar AS meski tensi perang dagang naik.

"Jika pelemahan yuan terus terjadi, maka kredit Asia akan terpengaruh dan meningkatkan kerentanan Indonesia pada tekanan utang luar negeri. Ini akan menjadi pemicu pelemahan rupiah," imbuh dia. (Azis Husaini)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah hari ini ditutup menguat 0,03% di level Rp 14.194 per dolar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com