Rupiah Ditutup Menguat 0,03 Persen ke Level Rp 14.194 Per Dollar AS

Kompas.com - 02/09/2019, 17:21 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah ditutup menguat terhadap mata dollar AS.

Data Bloomberg pada Senin (2/9/2019) Pukul 15.58 WIB kurs rupiah menguat 0,03 persen di level Rp 14.194 per dollar AS.

Pada penutupan akhir pekan lalu kurs rupiah bertengger di level Rp 14.198 per dollar AS, atau menguat selama pekan lalu.

Kurs rupiah di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau JISDOR di level Rp 14.190 per dollar AS atau menguat 0,33 persen dibandingkan penutupan di akhir pekan kemarin Rp 14.237 per dollar AS.

Baca juga: Menguat, Ini Kurs Rupiah terhadap Dollar AS di 6 Bank Besar

Penguatan rupiah hari ini pun melawan arus pelemahan sebagian besar mata uang Asia. Di pasar spot, rupiah hanya menguat bersama dengan yen Jepang dan dollar Hong Kong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara mayoritas mata uang Asia pagi ini melemah terhadap the greenback.

"Yield obligasi Indonesia yang menarik menjadi faktor yang menyokong rupiah, terutama dengan yield US Treasury yang kini turun ke rekor terendah," kata Chang Wei Liang, macro strategist DBS Bank Singapura kepada Bloomberg.

Chang memperkirakan, rupiah akan bergerak di rentang Rp 14.000 hingga Rp 14.500 per dollar AS meski tensi perang dagang naik.

"Jika pelemahan yuan terus terjadi, maka kredit Asia akan terpengaruh dan meningkatkan kerentanan Indonesia pada tekanan utang luar negeri. Ini akan menjadi pemicu pelemahan rupiah," imbuh dia. (Azis Husaini)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah hari ini ditutup menguat 0,03% di level Rp 14.194 per dolar AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.