Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo III Tanam 50.000 Bibit Bakau di Pelabuhan Benoa

Kompas.com - 02/09/2019, 22:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelindo III menanam bibit bakau sebanyak 50.000 pohon di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (2/9/2019).

Penanaman bakau tersebut merupakan lanjutan dari program serupa yang dilakukan pada Januari 2019 lalu. Pada tahap I sebanyak 50.000 bibit bakau ditanam oleh Pelindo III bersama elemen masyarakat dan lintas institusi.

CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara, I Wayan Eka Saputra menjelaskan bahwa Pelindo III telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama peluasan habitat bakau.

“Dari awal sudah disampaikan bahwa Pelindo III berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Wayan dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Wayan menambahkan, pihaknya telah mendapatkan rekomendasi dari Puslitbang Hutan Bogor atas sejumlah spesies bakau yang ditanam. Spesies bakau yang ditanam, yakni jenis Mukronata, Bulgoera, dan Apikulata.

Dia menjelaskan, pada penanaman perdana Januari lalu, selain menanam, pihaknya telah menugaskan tim untuk melaksanakan perawatan dan pengawasan agar bibit bakau yang ditanam dapat tumbuh dengan baik. Hal tersebut telah terbukti dengan pencapaian tumbuhnya bibit bakau sebelumnya telah mencapai keberhasilan sebesar 90 persen.

“Pembangunan di Pelabuhan Benoa telah kami persiapkan sedemikian rupa agar dapat selaras dengan keharmonisan lingkungan sekitar, baik alam, budaya maupun sumber daya manusianya,” kata Wayan.

Sementara itu, VP Corporate Communications Pelindo III, Wilis Aji Wiranata menambahkan, Pelindo III telah menyiapkan area seluas satu hektar untuk pembangunaan lokasi Upacara Melasti.

“Amdal untuk pembangunan lokasi upacara Melasti sudah kami siapkan, saat ini sedang persiapan proses pembangunannya,” ujar dia.

Tak hanya itu, dia mengaku pihaknya telah mengembangkan area konservasi hutan bakau seluas lebih dari 18 hektar di pesisir Benoa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com