Agus Marto, Bankir yang Jadi Tukang Bersih-bersih Bank Bermasalah

Kompas.com - 03/09/2019, 05:31 WIB
Agus Martowardojo KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAAgus Martowardojo

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menceritakan kisahnya meniti karir selama 25 tahun sebagai bankir hingga akhirnya masuk dalam jajaran birokrat dalam negeri.

Dia mengatakan, selama hidupnya Agus Marto muda selalu menjalankan nilai-nilai yang ditanamkan oleh ayahnya untuk selalu memasang kaki-kaki yang kuat dalam menghadapi segala hal.

"Ayah saya kalau ketemu dengan saya selalu mengatakan 'Agus dalam segala macam kondisi, kamu harus punya kaki yang kuat'.  Itu tentu prinsip integritas dalan keadaan senang, sedih, dan bahagia, harus punya kaki-kaki kuat," ujar Agus dalam peluncuran biografinya yang berjudul Agus Martowardojo, Pembawa Perubahan di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (2/9/2019).

Selain itu, ayahnya juga berpesan agar dirinya tidak membebani orang lain.

Baca juga : Tiga Fungsi BI yang Diperkuat Selama Kepemimpinan Agus Martowardojo

Adapun dari sisi Ibunya, satu hal yang dia ingat, sang ibu selalu memberikan pengaruh positif kepada anak-anaknya. Sebagai anak terakhir dari enam bersaudara Agus mengingat sosok ibunya yang selalu bisa melihat peluang dan memiliki jiwa entreprenenurship yang tinggi.

"Ibu saya berani bangkit ketika gagal, ini saya lihat sebagai skill entrepreneurship. Jadi bukan hanya di dunia usaha, tapi juga sektor privat," ujar dia.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X