KILAS

Indeks Kesejahteraan Petani Agustus 2019 Meningkat

Kompas.com - 03/09/2019, 09:43 WIB
Presiden Joko Widodo dan Mentan Andi Amran tampak membajak sawah menggunakan traktor. Dok. Humas KementanPresiden Joko Widodo dan Mentan Andi Amran tampak membajak sawah menggunakan traktor.

KOMPAS.com - Badan Pusat Statsitik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) secara nasional mengalami kenaikan 0,58 persen pada Agustus 2019 ke nilai 103,22 dibandingkan bulan lalu yang berada pada angka 102,64.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan tren NTP ini terus membaik sejalan dengan peningkatan produktivitas pertanian.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri menjelaskan data BPS merupakan bukti parameter membaiknya daya beli atau kesejahteraan petani.

Baca juga: Kementan Terus Menggencarkan Sosialisasi Kartu Tani

"Ini merupakan dampak dari produksi yang meningkat secara signifikan hampir pada semua komoditas pertanian. Ini bukti pembangunan pertanian berdampak signifikan bagi kesejahteraan petani”, ujar Kuntoro. 

Bila dibandingkan dengan riset Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), lanjutnya, maka data BPS ini punya korelasi positif.

"Bappenas mengatakan program Kementan memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Ini bukti kerja keras Kementan membuahkan hasil positif," tegas Kuntoro.

Faktor

Sebelumnya, menurut Berita Resmi Statistik BPS, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kenaikan NTP kali ini dikarenakan indeks harga yang diterima petani naik 0,69 persen, lebih tinggi dari kenaikan indeks harga yang dibayar petani sebesar 0,11 persen.

Kenaikan NTP pada Agustus 2019 dipengaruhi oleh naiknya NTP di empat subsektor pertanian, kecuali perkebunan.

Pertama, NTP subsektor tanaman pangan sebesar 1,11 persen.

Baca juga: Kementan Kembangkan Mekanisasi 4.0 untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

"Salah satu penyebabnya kenaikan harga gabah dan jagung," ujar Suhariyanto, Senin (2/9/2019).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.