Milenial Hobi Traveling, Begini Cara Mengatur Keuangan Mereka

Kompas.com - 03/09/2019, 13:09 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Lini masa Instagram kamu mungkin dipenuhi dengan foto dari teman-temanmu yang berlibur. Mereka berbagi pemandangan menakjubkan, pantai yang eksotis atau foto-foto makanan.

Jika kamu merasa "kok Instagram sekarang lebih banyak isinya foto – foto liburan, jalan – jalan?" Kamu tidak salah.

Seperti dilansir dari CNBC  Selasa (3/9/2019), nyatanya generasi milenial lebih memprioritaskan traveling daripada generasi sebelumnya. Generasi ini menjadikan perjalanan sebagai prioritas dalam hidupnya.

Baca juga: Milenial Perlu Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini, Begini Tips Memulainya

Menurut laporan AARP dalam Travel Trend 2019,  milenial dengan rata – rata usia 21 hingga 37 berencana melakukan sekitar lima perjalanan sepanjang tahun 2019 ini. Sebanyak tiga di antaranya merupakan perjalanan internasional.

Milenial lebih berminat untuk melakukan perjalanan destinasi internasional ketimbang Gen X (usia 38 hingga 53).

Namun, meskipun ada pendapat bahwa menyukai traveling dapat menimbulkan pengeluaran yang berlebihan, ternyata milenial juga tetap merencanakan perjalanan secara bertanggung jawab.

Menurut AARP generasi milenial Amerika Serikat menghabiskan biaya sebesar 4.400 dollar AS atau sekitar Rp 61,6 juta  untuk perjalanan keseluruhan pada tahun 2019.

Angka itu lebih sedikit dibandingkan dengan anggaran Gen-X sebesar 5.400 dollar AS (Rp  75,6 juta) dan Baby Boomers (usia 54 hingga 72) yang diperkirakan sebesar 6.600 dollar (Rp 92,4 juta).

“Ya, mereka menyediakan ruang untuk perjalanan dalam anggaran mereka, bahkan sekalipun mereka memiliki utang pinjaman mereka. Secara umum, utang tidak boleh menghalangi milenial bepergian," kata Tiffany Aliche penulis terlaris dan pendiri blog keuangan Budgetnista.

Nah bagaimana generasi milenial ini menyulap utang mereka sambil membayar petualangan berikutnya?

Baca juga: Ini Alasan Generasi Milenial Masih Tertarik Jadi PNS

Menggandakan penghematan

Paige Dolan, koordinator rumah sakit yang berusia 30 tahun mengatakan, dirinya biasa menghabiskan antara 2.500 dollar AS hingga 4.000 dollar AS per tahun untuk traveling, namun ia tidak menyesal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X