Ingin Resign? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 03/09/2019, 14:08 WIB
Ilustrasi resign. SHUTTERSTOCKIlustrasi resign.

NEW YORK, KOMPAS.com - Mengundurkan diri alias resign dari pekerjaan bukan hal yang dilakukan secara terburu-buru.

Selain harus ada pemberitahuan dalam jangka waktu yang cukup kepada perusahaan, Anda pun harus memikirkannya secara matang-matang. Sehingga, jangan sampai resign malah menjadi beban baru dalam hidup Anda.

Dilansir dari Forbes, Senin (2/9/2019), setidaknya ada 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda resign dari pekerjaan.

1. Miliki alasan yang jelas

Sebelum resign, Anda harus ketahui dan pahami apa yang membuat Anda sampai pada keputusan tersebut. Penting bagi Anda untuk mengidentifikasi semua faktor yang memengaruhi keputusan itu.

Biasanya ada beberapa alasan, sehingga jangan batasi diri dengan hanya mengerucutkan pada satu alasan.

Begitu Anda telah mengetahui alasan Anda ingin resign, akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya, serta apakah resign menjadi keputusan yang tepat.

Akan tetapi, jujurlah pula pada diri sendiri, sebab resign bukan keputusan yang patut dianggap enteng. Tawarkan banyak opsi pada diri sendiri dan pastikan Anda memiliki banyak informasi terkait keputusan itu.

Baca juga: Studi: Karier Mandek, 2 dari 5 Pegawai di Singapura Putuskan Resign

Misalnya, buatlah daftar pro dan kontra atau suka atau tidak suka terkait keputusan untuk resign.

Jangan ragu juga untuk berbicara dengan orang yang Anda anggap sebagai mentor atau rekan kerja yang baru-baru ini resign untuk memperoleh opini dan saran.

2. Rencanakan langkah ke depan

Anda pun harus memiliki rencana terkait apa yang akan Anda lakukan setelah resign. Sebab, resign bukan satu-satunya solusi atas permasalahan yang Anda hadapi di kantor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X