Cerita Ketua OJK saat Coba-Coba Belanja Online

Kompas.com - 03/09/2019, 15:07 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menjabarkan tentang fintech di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (17/7/2019). MURTI ALI LINGGAKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menjabarkan tentang fintech di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (17/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) Wimboh Santoso menceritakan pengalamannya saat mencoba belanja online.

Kisah itu dia bagikan dalam Seminar Tahunan OJK Infinity dan Launching Minisite di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Wimboh bercerita, dirinya pernah berbelanja baju dari Jepang seharga Rp 160.000 melalui platform online. Pembelian itu dia lakukan karena penasaran dan ingin mencoba kecanggihan teknologi di era digitalisasi.

"Saya pernah top up di HP ditawarin baju perempuan bagus harganya Rp 160.000-an merek Jepang. Saya klik dan saya beli baju itu," kata Wimboh Santoso di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Baca juga: OJK Bakal Buat Regulasi Sesuai Klaster Fintech

Setelah paket tersebut sampai, kata Wimboh, istrinya bertanya milik siapa baju tersebut. Pasalnya, baju wanita yang dibelinya tidak sesuai dengan ukuran baju yang dipakai istrinya.

"Saya bilang, saya nyoba aja ini. Untung (istri saya) langsung percaya, coba kalau enggak," candanya disambut tawa para peserta seminar.

Adapun dia menceritakan hal tersebut untuk membuktikan canggihnya paparan teknologi saat ini kepada peserta seminar. Menurutnya, teknologi tidak bisa dibendung karena saat ini memang eranya teknologi.

"Teknologi tidak bisa dilarang maupun dibatasi. Sehingga kita hanya bisa bersama-sama membuat koridor agar teknologi memberikan manfaat untuk nusa dan bangsa," ujarnya.

Baca juga: Permudah Pengawasan Fintech, OJK Buat Mini Portal

Oleh karena itu, OJK sepakat akan terus memantau dan mengeluarkan kebijakan yang bersifat adaptif sehingga teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik, bukan justru merusak.

Saat ini, OJK telah bekerjasama dengan Kominfo, BI, dan perbankan untuk mempercepat pengadopsian teknologi dan meminimalkan dampak negatifnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X