Negara-negara Ini Cocok untuk Para Pekerja Freelancer

Kompas.com - 04/09/2019, 05:50 WIB
Dengan menjadi freelancer kita bebas menentukan waktu, tempat, dan beban kerja kita sendiri. SHUTTERSTOCKDengan menjadi freelancer kita bebas menentukan waktu, tempat, dan beban kerja kita sendiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan teknologi membuat tidak sedikit orang yang mencari penghasilan tambahan melalui teknologi digital.

Dikutip dari CNBC Selasa (3/9/2019), hal itu pula yang kemudian mendorong banyak perusahaan menerapkan Gig Economy.

Gig Economy merupakan sebuah tren, di mana sebuah perusahaan memilih untuk lebih banyak mempekerjakan pekerja lepas (freelance) dan pekerja kontrak dibandingkan dengan pekerja penuh waktu.

Seiring dengan banyaknya perusahaan yang menerapkan Gig Economy, penghasilan freelancer  dari AS tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 78 persen. Hal itu berdasarkan data yang diperoleh dari lebih 300.000 pekerja lepas dari jaringan Payoneer.

Setelah AS, pekerja freelancer di Inggris dan Brasil juga mencatatkan kenaikan pendapatan. Yakni masing-masing 59 persen dan 48 persen.

Baca juga : Tips Atur Keuangan untuk Freelancer

 

Hal yang sama juga terjadi di Asia, di mana pekerja freelancer di negara ini mengalami kenaikan.

Lonjakan di Asia ini dipimpin oleh Pakistan, yang melihat peningkatan 47 persen dalam pendapatan pekerja lepas pada tahun lalu. Pakistan tidak sendiri dalam peringkat 10 besar ada juga negara  Filipina, India dan Bangladesh.

Berikut 10 pasar freelance teratas pada tahun 2019 berdasarkan pertumbuhan pendapatan pekerja year-on-year:

 

1. Amerika Serikat (78 persen)

2. Inggris (59 persen)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber CNBC
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X