Lakukan Hal Ini Jika Anda Ingin Pensiun 10 Tahun Lagi

Kompas.com - 04/09/2019, 14:17 WIB
Ilustrasi pensiun. SHUTTERSTOCK/polymanuIlustrasi pensiun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci untuk menjalani masa pensiun yang baik adalah mempersiapkan diri secara finansial, termasuk menabung sedini mungkin.

Namun terkadang, pikiran mengenai pensiun tetap menghantui Anda. Kemudian tanpa Anda sadari, 10 tahun berlalu dan tibalah waktu anda untuk pensiun. 

Tengoklah Dirk Cotton yang pensiun dari pekerjaannya sebagai engineer dan eksekutif di AOL pada tahun 2005 di umur 52. Cotton tinggal di Chapel Hill, North Carolina.

Sejak pensiun, dia menghabiskan waktunya meneliti dan menulis tentang keuangan pensiun dan menulis blog tentang hal itu di situsnya, The Retirement Cafe.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Strategi Keuangan Saat Pensiun

Dikutip dari Business Insider, Rabu (4/09/2019) berdasarkan pengalaman dan penelitiannya, Cotton menyarankan dua hal yang harus dilakukan saat ini oleh orang-orang yang ingin pensiun dalam 10 tahun ke depan.

Temui perencana keuangan

"Anda harus menemukan perencana pensiun yang baik, karena perencanaan pensiun sangat kompleks," kata Cotton.

Mendapatkan saran dari perencana keuangan spesialis bidang pensiun dapat membuat banyak perbedaan ketika berbicara soal situasi Anda. Setelah masa pensiun semakin dekat, imbuh Cotton, memiliki bantuan seorang ahli di sisi Anda sangat membantu dan bernilai investasi.

"Ada sejumlah perencana pensiun yang benar-benar bagus di luar sana," kata dia. "Kita layak untuk mulai berbicara dengan mereka bertahun-tahun sebelum Anda pensiun."

Kurangi alokasi ekuitas Anda

Sepuluh tahun sebelum pensiun, Cotton mengurangi persentase asetnya yang terikat di pasar saham.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X