Perluas Perdagangan, Kadin Bakal Sambangi 14 Negara

Kompas.com - 04/09/2019, 18:42 WIB
Konferensi pers misi perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Rabu (4/9/2019). KOMPAS.com/RINA AYU LARASATIKonferensi pers misi perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia ( Kadin) akan mengelar perjalanan ke 14 negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Tujuan misi perdagangan ini adalah untuk melanjutkan perjanjian perdagangan yang sedang berlangsung.

"Negara besar memang memiliki banyak kesempatan (untuk berdagang), tapi kita juga mesti melihat negara-negara yang kelihatannya kecil atau kurang begitu dikenal namun memiliki kesempatan yang banyak,"ucap Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia untuk Hubungan Internasional Shinta Kamdani di Gedung Kadin, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Perjalanan bisnis Kadin ke Eropa akan berlangsung pada 13 September hingga 7 Oktober 2019.

Adapun negara-negara yang dikunjungi antara lain Turki, Bulgaria, Yunani, Serbia, Rumania, Belanda, Slovakia, Polandia, Swiss, Jerman, Italia, Inggris, Belgia, dan akan berakhir di Perancis.

Baca juga: RI Targetkan Nilai Perdagangan dengan Yordania Capai 500 Juta Dollar AS

Pada tahun 2018, hubungan dagang antara Indonesia dengan 14 negara Eropa tersebut menunjukkan tren positif.

Adapun total perdagangannya mencapai 27,8 miliar dollar AS, yang terdiri dari ekspor sebesar 15,4 miliar dollar AS dan impor 12,4 miliar dollar AS.

Dengan demikian, Indonesia menikmati surplus sebesar 2,9 miliar dollar AS, di mana hubungan dagang terbesar terjadi dengan Belanda.

Sementara itu, hubungan perdagangan antara Indonesia dan AS mencapai 28,68 miliar dollar AS, terdiri dari ekspor sebesar 18,4 miliar dollar AS dan impor sebesar 10,2 miliar dollar AS.

Dengan demikian, Indonesia mencatat surplus perdagangan dengan AS sebesar 8,26 miliar dollar AS.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X