The Fed: Ekonomi AS Tumbuh Moderat

Kompas.com - 05/09/2019, 07:49 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perekonomian AS tumbuh moderat pada beberapa pekan terakhir. Bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) menyebutkan, hal tersebut diakibatkan industri manufaktur tersemat tengah terdampak perlambatan ekonomi global.

Selain itu daya beli konsumen memberikan sinyal beragam pada kekuatan belanja rumah tangga.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (5/9/2019) dampak perang dagang antara Aerika Serikat dan China terlihat jelas dalam ringkasan Beige Book, yang berisi ringkasan atas kondisi perekonomian terkini.

Pada laporan tersebut dikatakan, para pengusaha di setiap distrik merasa terbebani dengan dampak perang dagang terhadap bisnis mereka.

Baca juga : Jokowi Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 2020 Capai 5,3 Persen

Laporan tersebut dirilis menjelang pertemuan kebijakan yang dilakukan pada 17-18 September mendatang. Bank sentral diperkirakan bakal memangkas suku bunga untuk melawan perlambatan ekonomi, sehingga perekonomian negara tersebut tak harus berhadapan dengan resesi.

"Meskipun kekhawatiran tentang tarif dan ketidakpastian kebijakan perdagangan terus berlanjut, sebagian besar bisnis tetap optimis tentang prospek jangka pendek," tulis The Fed dalam laporan tersebut.

The Fed juga mencatatkan, lapangan kerja juga cenderung tumbuh moderat dalam beberapa pekan terakhir, dengan pertumbuhan yang cenderung hampir sama dengan laporan sebelumnya.

Namun, aktivitas msanufaktur justru lebih lemah daripada periode sebelumnya.

Di dalam lporan tersebut juga dijabarkan mengenai sejumlah kekhawatiran yang muncul mengenai tarif, termasuk prospek berkurangnya investasi akibat arah kebijakan perdagangan yang tak pasti. Konflik perdagangan Amerika juga menambah masalah yang dihadapi para petani.

"Kondisi pertanian tetap lemah sebagai akibat dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan, harga komoditas yang rendah, dan ketidakpastian terkait perdagangan," tulis The Fed dalam laporan tersebut.

Walaupun demikian, konsumsi domestik yang menjadi mesin utama pertumbuhan ekonomi AS dinilai tetap kuat meski pada beberapa bulan terakhir terindikasi adanya perlambatan perekonomian global.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X