Elnusa Jajaki Pasar di Luar Negeri, Rambah Asia hingga Afrika

Kompas.com - 05/09/2019, 17:48 WIB
Ilustrasi ELNUSAIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa energi PT Elnusa Tbk terus menjajaki berbagai peluang baru untuk tingkatkan pertumbuhan kinerjanya.

Direktur Utama Elnusa Elizar P Hasibuan mengemukakan sejak tiga tahun terakhir Elnusa serius menggarap pasar di luar negeri dan yang terbaru adalah peluang bisnis di Afrika.

"Penjajakan pangsa pasar luar negeri telah lama dilakukan, namun sifatnya masih belum kontinu. Karenanya penjajakan pasar luar negeri ini merupakan satu di antara peluang baru yang kami jajaki untuk terus tumbuh," kata Elizar dalam keterangannya, Kamis (5/9/2019).

Elizar menuturkan, Elnusa menjajaki berbagai peluang baru pada berbagai segmen bisnisnya. Pada jasa hulu migas, beberapa peluang yang dijajaki antara lain pengembangan pasar baru di luar negeri, peluang komitmen kerja pasti, serta bisnis operation & maintenance refinery.

Kemudian, pada jasa distribusi dan logistik energi, Elnusa memulai bisnis infrastruktur dengan revitalisasi maupun pembangunan terminal BBM.

Baca juga: Elnusa Kembangkan Teknologi Demi Keselamatan Kerja

"Serta menggenjot bisnis chemical untuk enhanced oil recovery. Selain itu, bisnis penunjang dengan memanfaatkan internet of things juga mulai dikembangkan," tuturnya.

Dia menambahkan, sejak pertengahan 2016 Elnusa telah bekerja sama dengan Advent Oilfield Services, perusahaan servis migas untuk mendukung jasa data field processing di India dan kerja sama tersebut terus berlanjut hingga saat ini.

Selain itu, pertengahan tahun ini, Elnusa bekerja untuk Soco Exploration (Vietnam) Ltd dalam survei seismik laut 2D di Semenanjung Indochina, Vietnam. Kini Elnusa mendapatkan tawaran kerja sama perusahaan migas Madagaskar, Afrika.

"Elnusa telah mendapatkan penawaran kesepahaman oleh perusahaan migas Madagaskar untuk pekerjaan pengeboran. Pekerjaan ini tergolong berisiko tinggi. Sehingga Elnusa meminta perusahaan tersebut untuk menyediakan jaminan pembayaran dari institusi keuangan ataupun perbankan yang terpercaya," paparnya.

Baca juga: Mei, Elnusa Bagikan Dividen Rp 69 Miliar



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X