Buka Akses Global untuk UMKM, Asosiasi Wirausaha Nusantara Dibentuk

Kompas.com - 05/09/2019, 20:33 WIB
Pedagang menata kerajinan yang dijual di Pasar Ubud, Bali, beberapa waktu lalu. Ubud, sebagai salah satu kawasan yang dikunjungi banyak wisatawan asing, menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan aneka produk kerajinan. Selain dari Bali, kerajinan yang dipasarkan di tempat ini juga dipasok dari sejumlah daerah di Pulau Jawa. KOMPAS/HERU SRI KUMOROPedagang menata kerajinan yang dijual di Pasar Ubud, Bali, beberapa waktu lalu. Ubud, sebagai salah satu kawasan yang dikunjungi banyak wisatawan asing, menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan aneka produk kerajinan. Selain dari Bali, kerajinan yang dipasarkan di tempat ini juga dipasok dari sejumlah daerah di Pulau Jawa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Wirausaha Nusantara (ASWIN) dan International Digital Economy Association (IDEA) secara resmi dibentuk di Bali.

Kedua asosiasi ini dibentuk pada ajang BaliDex 2019, 30 Agustus-4 September 2019 lalu. Asosiasi ini mendukung UMKM lokal untuk dapat bersaing di kancah global, termasuk memanfaatkan perkembangan ekonomi digital.

Anggota ASWIN terdiri dari berbagai perusahaan, koperasi, UMKM, lembaga pendidikan, institusi dan tokoh-tokoh nasional yang peduli dengan ekonomi digital Indonesia. Sementara itu, berbagai perusahaan dan organisasi di berbagai negara dapat mendaftar menjadi mitra IDEA.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bali, Nyoman Sujaya mengatakan Balidex 2019 membuka akses bagi pelaku UMKM juga koperasi untuk memperkenalkan produk-produk ekonomi kreatif Bali dan Indonesia pada umumnya ke pasar global.

Baca juga: Bantu UMKM Go Online, Ralali.com Gerakkan Ratusan Ribu Agen

"Pembangunan ekonomi merupakan proses yang mandiri, namun diperlukan proses interaksi dukungan dari berbagai pihak secara berkelanjutan," kata Nyoman dalam pernyataannya, Kamis (5/9/2019).

Adapun BaliDeX atau Bali Digital eCommerce Expo yang merupakan sarana promosi dan peluang baru untuk meningkatkan omzet serta keuntungan perusahaan Indonesia tersebut dihadiri lebih dari 2.800 delegasi dari 45 negara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X