Perilaku Belanja Anda Besar Pasak daripada Tiang? Ini 6 Tandanya

Kompas.com - 06/09/2019, 09:12 WIB
Ilustrasi belanja SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja

NEW YORK, KOMPAS.com - Belanja adalah kegiatan yang wajar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, belanja berlebihan tentu bukan perilaku yang bagus.

Memang, jumlah uang yang dibelanjakan sangat berbeda untuk setiap orang dan tergantung pada gaya hidup. Namun, ada beberapa tanda yang menunjukkan perilaku belanja Anda sudah besar pasak daripada tiang, yaitu lebih besar ketimbang pendapatan Anda.

Apabila Anda bercita-cita untuk menjadi kaya suatu hari nanti, tentu penting untuk mengontrol pengeluaran. Pun banyak miliarder yang bergelimang harta, namun hidupnya sederhana.

Baca juga: Ini 3 Kebiasaan Bodoh Milenial yang Bikin Boros Uang

Dikutip dari Business Insider, Jumat (6/9/2019), berikut ini 6 tanda bahwa perilaku belanja Anda sudah masuk kategori besar pasak daripada tiang.

1. Anggaran belanja sesuai gaji

Mungkin gaji Anda sudah cukup besar, mengikuti posisi Anda di kantor. Namun, bukan berarti anggaran belanja Anda sama dengan besaran gaji.

Ketika gajian, sisihkan dulu anggaran untuk kewajiban, tabungan, maupun investasi. Lalu, anggarkan khusus untuk belanja dalam jumlah yang wajar.

Jika bingung, Anda bisa menggunakan kalkulator online atau aplikasi perencanaan keuangan yang dapat diunduh di App Store atau Google Play.

2. Pengeluaran melebihi pendapatan

Hidup memang penuh dengan biaya. Namun, untuk mencapai stabilitas finansial, Anda harus memiliki lebih banyak pendapatan ketimbang pengeluaran.

Ketika menyusun semua pengeluaran bulanan, baik pengeluaran rutin maupun yang tak rutin, jumlahnya jangan melebihi penghasilan bulanan Anda. Jika melebihi, maka pangkas pengeluaran yang tak perlu atau Anda bakal terlilit utang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X