11 Perusahaan Indonesia Masuk 200 Perusahaan Terbaik di Asia Pasifik Versi Forbes

Kompas.com - 08/09/2019, 10:10 WIB
Ilustrasi BCA. SHUTTERSTOCKIlustrasi BCA.

NEW YORK, KOMPAS.com - Sejumlah perusahan asal Indonesia masuk dalam daftar "200 Perusahaan Berkinerja Terbaik di Asia Pasifik 2019" versi Forbes.

Perusahaan- perusahaan ini bersaing dengan perusahaan negara lain yang dikenal punya punya rapor baik. Sebut saja asal China, Jepang, dan Korea Selatan.

Best Over A Billion adalah daftar perdana dari perusahaan-perusahaan yang berkinerja terbaik di kawasan Asia-Pasifik dengan pendapatan 1 miliar dollar AS atau lebih (Rp 14 triliun). 

Laporan ini akan melengkapi daftar perusahaan mapan, "Best Under A Billion of the 200 best-performing", yakni perusahaan kecil dan menengah di kawasan Asia-Pasifik dengan pendapatan kurang dari 1 miliar dollar AS.

"Kedua daftar ini sekarang secara komprehensif mencakup semua perusahaan yang terdaftar di Asia Pasifik, memilih 400 terbaik dari yang terkecil hingga yang terbesar, menggunakan dana 1 miliar dollar AS dalam penjualan sebagai garis pemisah," bunyi penjelasan Forbes dikutip Kompas.com, Minggu (7/9/2019).

Baca juga: Lagi, Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik

Supaya kesinambungan, kriteria yang dikembangkan untuk daftar ini mirip dengan yang digunakan untuk yang penilaian lain. Bahkan, beberapa perusahaan terkemuka di Best Over A Billion telah meningkatkan pendapatan di atas 1 miliar dollar AS dan lulus ke daftar ini. Seperti Alibaba, Jollibee dan, Tencent.

Metrik lain yang disorot untuk menentukan daftar ini adalah hubungan antara perusahaan dan anggota daftar perusahaan di Asia-Pasifik. Banyak yang telah mencatat korelasi positif di Asia antara kinerja perusahaan dan keterlibatan wirausaha.

Jika kekayaan pribadi Anda terkait dengan kekayaan perusahaan, ada motivasi untuk memastikan bahwa perusahaan bekerja dengan baik dalam jangka panjang.

"Hampir sekitar dua pertiga perusahaan dalam daftar ini dikendalikan atau terhubung dengan keluarga atau individu yang telah muncul dalam daftar kaya Forbes Asia," lanjutanya.

Guna menemukan perusahaan berkinerja terbaik 2019 ini, Forbes menggunakan metodologi.

Baca juga: Forbes: Indonesia Macan Baru Asia Tenggara

Pencarian dimulai dengan kumpulan 3.200 perusahaan yang terdaftar di wilayah Asia-Pasifik dengan pendapatan 1 miliar dollar AS atau lebih di tahun keuangan terbaru. Perusahaan-perusahaan yang tidak menguntungkan dan mereka yang penjualannya menurun dalam lima tahun terakhir kemudian dieliminasi. 

Halaman:


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X