Rupiah Menguat ke Level Rp 14.035 Per Dollar AS

Kompas.com - 09/09/2019, 17:25 WIB
Ilustrasi uang kertas Rp 100.000 RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi uang kertas Rp 100.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah hari ini menujukkan penguatan terhadap dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Senin (9/9/2019) rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.035 per dollar AS.

Artinya rupiah menguat 0,47 persen dari penutupan akhir pekan lalu yang berada di level Rp 14.101 per dollar AS.

Kurs rupiah hari ini di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga menguat ke level Rp 14.092 per dollar AS dari akhir pekan lalu di level Rp 14.140 per dollar AS.

Tak cuma rupiah, sejumlah mata uang Asia lain juga menunjukkan penguatan di hadapan dollar AS pada hari ini. Di antaranya adalah yen Jepang, won Korea, dan ringgit Malaysia.

Baca juga: Menguat, Ini Kurs Rupiah di 6 Bank Besar

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail Zaini mengatakan, kurs dollar AS berpeluang melemah terhadap sejumlah mata uang utama lain. Pelemahan dollar AS terjadi seiring pidato Jerome Powell selaku Ketua The Fed pada Jumat (6/9/2019) lalu.

Ia menyatakan, perang dagang kemungkinan besar akan memperlambat belanja investasi dan menekan pertumbuhan ekonomi AS.

"Pernyataan yang cukup dovish tersebut memberikan kepercayaan kepada pelaku pasar bahwa siklus pemotongan suku bunga acuan AS belum akan berakhir dalam waktu dekat," ungkap Mikail dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id. (Dimas Andi, Tendi Mahadi)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah hari ini ditutup menguat 0,47% ke level Rp 14.035 per dolar AS



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X