KILAS

Dorong UMKM Naik Kelas, BRI Lakukan Program Clustering

Kompas.com - 10/09/2019, 16:16 WIB
Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari bersama Menteri BUMN Rini Soemarno berfoto bersama nasabah PNM Mekaar naik kelas yang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dari Bank BRI di Klungkung, Bali, Selasa (10/9/2019). DOK. Humas Bank BRIDirektur Bisnis Mikro Bank BRI Supari bersama Menteri BUMN Rini Soemarno berfoto bersama nasabah PNM Mekaar naik kelas yang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dari Bank BRI di Klungkung, Bali, Selasa (10/9/2019).


KOMPAS.com
– Untuk mendorong Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) naik kelas, PT Bank Rakyat Indonesia ( BRI) Tbk. melakukan program clustering.

“Program clustering yang dilakukan BRI adalah dengan membentuk financial close system, memudahkan akses pasar, promosi dan networking, menyediakan off taker serta pembinaan yang lebih terfokus,” kata Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari.

Untuk mengaplikasikan itu, Bank BRI pun melakukan kerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Kerja sama itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang naik kelas.

Salah satu bentuk nyata dari kerja sama Bank BRI dengan PNM Mekaar adalah dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) Mikro kepada nasabah Mekaar yang naik kelas di Klungkung, Bali, Selasa (10/9/2019).

Baca juga: BRI Saluran KUR Mikro Kepada 15 Nasabah Mekaar Naik Kelas

Pada momen itu, BRI pun memberikan bantuan sarana produksi usaha, diantaranya mesin jahit, dan mesin obras, oven, kompor, hingga peralatan memasak sesuai dengan usaha yang dikelola.

Selain Supari, hadir dalam acara tersebut Menteri BUMN Rini Soemarno beserta Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto.

Lebih lanjut Supari mengatakan selain memberikan kemudahan untuk mendapatkan KUR, Bank BRI juga punya cara lain buat meningkatkan Kapasitas Usaha Mikro Kecil (UMK).

Contohnya melalui program capacity building yang dilakukan pada Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI. Lewat program ini BRI berusaha memberikan peningkatan pengetahuan pengeloaan keuangan maupun peningkatan hasil produksi dan pemasaran kepada pelaku UMKM.

Baca juga: Fokus ke Kredit UMKM, BRI Siap Bersaing dengan Fintech

“Dengan sinergi ini diharapkan nasabah yang sebelumnya merupakan Mekaar naik kelas dapat terus berkembang usahanya dengan mendapatkan pembiayaan dan pendampingan lanjutandari Bank BRI,” ungkap Supari.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/9/2019), Supari menyebutkan hingga 31 Agustus 2019, Bank BRI telah menyalurkan KUR mencapai Rp 67,6 triliun kepada lebih dari 3,2 juta debitur di seluruh Indonesia.

Apabila ditotal, sejak KUR diluncurkan pada 2015 hingga sekarang jumlah KUR yang telah disalurkan Bank BRI mencapai Rp 303 triliun kepada lebih dari 15,8 juta pelaku UMKM.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X