Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dorong UMKM Naik Kelas, BRI Lakukan Program Clustering

Kompas.com - 10/09/2019, 16:16 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
– Untuk mendorong Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) naik kelas, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. melakukan program clustering.

“Program clustering yang dilakukan BRI adalah dengan membentuk financial close system, memudahkan akses pasar, promosi dan networking, menyediakan off taker serta pembinaan yang lebih terfokus,” kata Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari.

Untuk mengaplikasikan itu, Bank BRI pun melakukan kerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Kerja sama itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang naik kelas.

Salah satu bentuk nyata dari kerja sama Bank BRI dengan PNM Mekaar adalah dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro kepada nasabah Mekaar yang naik kelas di Klungkung, Bali, Selasa (10/9/2019).

Baca juga: BRI Saluran KUR Mikro Kepada 15 Nasabah Mekaar Naik Kelas

Pada momen itu, BRI pun memberikan bantuan sarana produksi usaha, diantaranya mesin jahit, dan mesin obras, oven, kompor, hingga peralatan memasak sesuai dengan usaha yang dikelola.

Selain Supari, hadir dalam acara tersebut Menteri BUMN Rini Soemarno beserta Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto.

Lebih lanjut Supari mengatakan selain memberikan kemudahan untuk mendapatkan KUR, Bank BRI juga punya cara lain buat meningkatkan Kapasitas Usaha Mikro Kecil (UMK).

Contohnya melalui program capacity building yang dilakukan pada Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI. Lewat program ini BRI berusaha memberikan peningkatan pengetahuan pengeloaan keuangan maupun peningkatan hasil produksi dan pemasaran kepada pelaku UMKM.

Baca juga: Fokus ke Kredit UMKM, BRI Siap Bersaing dengan Fintech

“Dengan sinergi ini diharapkan nasabah yang sebelumnya merupakan Mekaar naik kelas dapat terus berkembang usahanya dengan mendapatkan pembiayaan dan pendampingan lanjutandari Bank BRI,” ungkap Supari.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/9/2019), Supari menyebutkan hingga 31 Agustus 2019, Bank BRI telah menyalurkan KUR mencapai Rp 67,6 triliun kepada lebih dari 3,2 juta debitur di seluruh Indonesia.

Apabila ditotal, sejak KUR diluncurkan pada 2015 hingga sekarang jumlah KUR yang telah disalurkan Bank BRI mencapai Rp 303 triliun kepada lebih dari 15,8 juta pelaku UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com