Kemenhub Kumpulkan 200 Operator Dump Truck Sore Ini, Ada Apa?

Kompas.com - 10/09/2019, 16:36 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (10/9/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANADirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (10/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) akan mengumpulkan 200 operator dump truck di Jakarta, hari ini, Selasa (10/9/2019).

Hal ini dilakukan pasca kecelakaan beruntun di Km 91 Tol Cipularang awal September 2019 lalu.

Kecelakaan ini disebabkan dump truck yang ternyata kelebihan muatan dan dimensi atau Over Dimension and Over Loading (ODOL).

"Dengan momentum kejadian kemarin, kami akan lebih keras lagi, kita akan lebih tegas lagi," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Kantor Kemenhub, Jakarta.

"Saya mohon kerja sama dengan semua karena nanti sore saya akan bertemu dengan Kadishub DKI, ada sekitar 200 lebih operator yang akan diundang," sambung dia.

Baca juga: Pasca-Kecelakaan di Tol Cipularang, Kemenhub Ancam Kandangan Dump Truck Nakal

Budi berharap pertemuan itu menghasilkan kesepatakan soal upaya normalisasi dump truck oleh para operator.

Saat ini kata dia, banyak dump truck yang dimodifikasi kapasitasnya agar bisa mengangkut lebih banyak barang. Hal ini melanggar ketentuan ODOL.

Sebelumnya, Kemenhub mengancam akan mengandangkan dump truck nakal yang melanggar ketentuan ODOL.

Selain itu, Kemenhub juga mendorong agar hukuman dan sanksi maksimal kepada operator dump truck yang melanggar ODOL oleh penegak hukum.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X