KILAS

BLK Komunitas, Upaya Kemnaker Tingkatkan Kemampuan SDM di Pesantren

Kompas.com - 11/09/2019, 08:15 WIB
Menaker Hanif pun secara khusus meresmikan BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badar di Kabupaten Tangerang, pada  Selasa (10/9/2019). Dok. Humas KemnakerMenaker Hanif pun secara khusus meresmikan BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badar di Kabupaten Tangerang, pada Selasa (10/9/2019).

KOMPAS.com – Dalam lima tahun mendatang, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) akan fokus dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, sebut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri, merupakan salah satu upaya pemerintah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat.

Terkait itu, Menaker Hanif pun secara khusus meresmikan BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badar di Kabupaten Tangerang, pada Selasa (10/9/2019).

Baca juga: Kemnaker: Menurunkan Pengangguran Melalui Kegiatan Job Fair

Dia berharap, BLK tersebut dapat melahirkan SDM yang berakhlak, berkarakter, dan kompeten.

“BLK Komunitas ini untuk membekali karakter, softskill, sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren. Tujuannya agar daya saing anak muda di pasar kerja semakin diperhitungkan, serta membekali keterampilan berwirausaha,” kata Menaker.

Budaya pesantren

Menaker menjelaskan, pembangunan BLK Komunitas di pesantren diilhami oleh budaya pesantren itu sendiri.

Santri pada zaman dulu, jelas Menaker, tidak hanya menimba ilmu kepada kiai saja. Santri juga membantu aktivitas lain kiai, seperti berkebun, bercocok tanam, ataupun berdagang.

Dengan begitu, di samping mendapat ilmu agama, santri juga mendapat pengalaman berkebun, bercocok tanam, dan berdagang.

Namun, sejak diterapkannya sistem syahriah (biaya bulanan), santri hanya fokus belajar ilmu agama saja.

Baca juga: Upaya Kemnaker Tingkatkan Kompetensi dan Kapasitas Para Trainer

Dengan adanya program BLK Komunitas, diharapkan santri tak hanya belajar agama, tapi juga mendapat bekal keterampilan sehingga ketika sudah lulus dari pesantren, mereka dapat masuk ke pasar kerja atau berwirausaha.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X