Membeli Rumah Pertama Tanpa Harus KPR, Mungkinkah?

Kompas.com - 11/09/2019, 08:35 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah sendiri adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Ditambah lagi, memiliki rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang strategis.

Pekerja pertama pun kerap kali memimpikan bagaimana caranya menabung hingga akhirnya bisa membeli rumah dalam waktu tertentu.

Namun, terus naiknya harga properti membuat tidak semua orang bisa membeli rumah impian membuat pembelian rumah seakan sulit digapai.

Skema pembelian rumah seperti Kredit Pemilikan Rumah ( KPR) sebenarnya membantu impian kita untuk membeli rumah. Namun, tidak semua orang ingin menggunakan skema tersebut dengan berbagai alasan.

Baca juga : Bunga KPR Naik, Penjualan Rumah Jadi Seret

Annisa Ayu misalnya, salah satu pegawai swasta di Jakarta ini lebih memilih untuk menabung dan membeli rumah di kawasan Jakarta Timur secara tunai, patungan dengan suaminya.

"Aku nggak berani sama sekali ngutang dalam jumlah besar. Selain itu bunga KPR juga jadi pertimbangan lain untuk memilih beli rumah secara cash, aku kaya males ngeluarin uang lebih begitu untuk bunga," ujar Ayu ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (10/9/2019).

Tak hanya Ayu, Sandini Pasita (24 tahun) salah satu pegawai pemerintahan di Jakarta mengatakan, dirinya juga memilih membeli rumah secara tunai dengan cara yang sama. Menurut dia, dirinya merasa terbebani jika harus berutang dalam jumlah besar dengan waktu cicil yang cukup lama.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X