Masyarakat Melek Asuransi, Total Tertanggung Naik 11 Persen

Kompas.com - 11/09/2019, 15:19 WIB
(ki-ka) Kabid Marketing dan Komunikasi Wiroyo Karsono, Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon, Kabid Operasional dan Perlindungan Konsumen Freddy Thamrin, dalam konferensi pers kinerja industri asuransi jiwa semester I 2019 di Jakarta, Rabu (11/9/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA(ki-ka) Kabid Marketing dan Komunikasi Wiroyo Karsono, Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon, Kabid Operasional dan Perlindungan Konsumen Freddy Thamrin, dalam konferensi pers kinerja industri asuransi jiwa semester I 2019 di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat peningkatan total tertanggung sebesar 11,9 persen menjadi 59 juta lebih di uartalk II 2019 dibanding 53 juta lebih di kuartal II 2018.

Kabid Operasional dan Perlindungan Konsumen Freddy Thamrin mengatakan, peningkatan jumlah tertanggung karena adanya peningkatan dari sisi jumlah tertanggung kumpulan dan jumlah tertanggung perorangan dengan rerata pertumbuhan 0,9 persen.

"Jumlah tertanggung kumpulan meningkat sebesar 16,1 persen jadi 41,6 juta jiwa dari 35,8 juta jiwa," kata Freddy Thamrin di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca juga: Penetrasi Unitlink dan Asuransi Tradisional Diprediksi Tumbuh Seimbang

Sementara itu, jumlah tertanggung individu alias perorangan meningkat sebesar 3,2 persen jadi 17,99 juta jiwa dari 17,43 juta jiwa di kuartal II 2019.

"Jumlah tertanggung perorangan menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat atas asuransi jiwa meningkat," ungkapnya.

Terkait tenaga pemasar, Freddy menyampaikan adanya penurunan jumlah tenaga pemasar berlisensi di kuartal II 2019. Penurunannya sebesar 0,9 persen menjadi 598 ribu orang, dimana 90,8 dari total tenaga pemasar berasal dari saluran keagenan.

"Kenapa turun? Tentunya ini menimbulkan pertanyaan. Turunnya karena perusahaan tengah terminasi kualitas dari agen-agen tersebut," jelas dia.

Ke depannya kata Freddy, AAJI bakal terus berusaha untuk memperluas jangkauan perlindungan, dengan mengembangkan tenaga yang berlisensi dan handal serta berkualitas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X