Tak Disadari, 3 kesalahan Ini Bisa Rusak Skor Kredit Anda

Kompas.com - 12/09/2019, 08:16 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin tahu bahwa membayar cicilan terlambat atau berutang banyak dengan kartu kredit dapat menyebabkan kredit macet.

Tapi sebenarnya, ada beberapa kesalahan yang mungkin tak Anda sadari dapat menyebabkan buruknya skor kredit Anda. Untuk itu, yakinkan diri Anda untuk tidak melakukan 3 kesalahan berikut ini:

1. Tak Memiliki kredit lebih awal 

Salah satu yang membuat skor kredit Anda menjadi buruk adalah Anda tak segera memiliki kartu kredit. Seorang analis di Bankrate Tedd Rossman mengatakan, ini sebetulnya bisa dikategorikan sebagai kesalahan fatal.

Faktanya, berdasarkan laporan dari Creditcards.com, satu dari tiga milenial berusia 18-29 tahun tidak memiliki kartu kredit sama sekali.

Riwayat kredit Anda akan mempengaruhi pinjaman maupun cicilan Anda di masa depan. Semakin tuanya kartu kredit dan semakin Anda mampu mengelolanya, skor kredit Anda akan membaik.

Baca juga : Lunasi Cicilan Kredit Lebih Awal itu Untung atau Rugi?

Namun, jika Anda baru memiliki kartu kredit atau bahkan tidak punya, riwayat kredit Anda terbatas dan akhirnya dapat merugikan skor kredit Anda," kata Tedd Rossman dikutip CNBC, Kamis (12/9/2019).

Sebagai gantinya, mulailah dengan membuka kartu kredit berbiaya rendah dengan tingkat persetujuan tinggi alih-alih tak membuka kartu kredit sama sekali.

2. Tidak memiliki kartu kredit yang cukup

Tingkatpemanfaatan kredit dan berapa banyak kredit yang Anda gunakan dibandingkan dengan berapa banyak kredit yang tersedia bagi Anda, adalah faktor kedua terpenting ketika menentukan skor kredit Anda. Itulah mengapa rata-rata orang memiliki lebih dari 1 kartu kredit.

Rossman mengatakan, rata-rata orang membutuhkan 2-3 kartu kredit, tidak lebih dari itu. Banyaknya kartu kredit dalam waktu yang lama dapat membuka peluang Anda untuk meningkatkan skor kredit selama Anda bisa mengaturnya.

3. Mengabaikan kesalahan pada laporan kredit  

Sepertiyang Anda ketahui, besaran skor kredit akan didasari pada informasi dalam laporan kartu kredit. Namun, beberapa laporan kartu kredit tak selalu akurat. Untuk itu Anda harus memantau keakuratan laporan kartu kredit.

Anda harus melaporkannya meski hanya terdapat kesalahan kecil. Faktanya kesalahan kecil ini justru dapat mencegah Anda mendapat skor terbaik untuk mencicil rumah atau mengajukan pinjaman lain.

"Itulah mengapa penting untuk melihat laporan Anda dan menjernihkan kesalahan sebelum Anda membuat langkah besar yang bergantung pada skor Anda, seperti mengajukan pinjaman atau menyewa apartemen," kata Rossman.



Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X