Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Dorong UKM "Go Digital" agar Mampu Bersaing dan Hadapi Tantangan

Kompas.com - 12/09/2019, 12:39 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) supaya merambah dunia digital atau go digital untuk memasarkan produknya. UKM ini utamanya yang memproduksi hasil laut  dan perikanan.

"Forum ini mempertemukan pelaku UKM sektor kelautan dan perikanan dengan industri e-commerce, serta industri pendukung untuk menjalin jejaring kerja sama," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Agus Suherman di Ballroom Gedung Mina Bahari III-KKP, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Selain dapat menjalin kerja sama, pelaku UKM juga bisa mendapatkan informasi dan pengalaman secara langsung tentang cara mengembangkan bisnis ke arah digitalisasi.

"Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing UKM kelautan dan perikanan, agar mampu beradaptasi mengadapi tantangan global yang salah satunya ditandai dengan arus informasi yang semakin terbuka dan tanpa batas serta menyongsong era industri 4.0," tuturnya.

Dia menuturkan, peserta yang hadir dari berbagai lapisan kepentingan yang utamanya pelaku UKM sektor perikanan dan kelautan, bisa memanfaatkan forum ini dengan maksimal. Pada akhirnya, pelaku UKM bisa go digital dan meningkatkan daya saing serta pemasaran produk-produknya.

"Dan membrikan semangat baru dalam mendorong UKM kelautan dan perikanan yang BerDaSi," tambahnya.

Dikatakan Agus, selama ini KKP berkomitmen untuk membantu dan mendorong UKM bisa lebih baik lagi. Bahkan, pada April lalu pihaknya sudah melatih dan membina pelaku UKM sektor kelautan dan perikanan tentang literasi digital.

Tujuannya memfasilitasi dan mendorong UKM agar bisa bersaing dan menghadapi tantangan zaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com