Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Sayembara, Kemenhub Pilih Desain Tiga Bandara

Kompas.com - 12/09/2019, 20:42 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) memilih desain terminal tiga bandara melalui kompetensi sayembara. Ketiga bandara itu adalah Bandara Ngloram (Cepu), bandara di Karimun Jawa, dan bandara di Sukabumi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, proses sayembara desain bandara ini diselengarakan dengan bekerja sama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Hal itu bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan wadah bagi arsitek-arsitek lokal.

"Ini cara atau proses kita menempa arsitek kyang memang sudah memiliki kemampuan dan juga merangsang kreativitas bagi arsitek yang lain. Setelah itu memberikan suatu pembelajaran bagi arsitek yang junior," kata Menhub di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Menhub: Terima Kasih Pak Habibie, Telah Warnai Transportasi Indonesia

Budi menuturkan, hasil karya pemenang tersebut nantinya akan digunakan sebagai acuan pembangunan di tiga bandara tersebut yang sedang dalam proses pembangunan. Khusus Bandara Ngloram, lanjut Menhub, kini telah memasuki tahapan land clearing dan ditargetkan selasia akhir 2020.

Sedangakan bandara di Karimun Jawa, kini sudah ada namun akan dikembangkan lebih lanjut. Bangunan-banguna terminal akan diganti bangunan baru dengan hasil desain pemenang komposisi yang telah dilaksanakan.

"Bandara di Sukabumi sedang proses pembebasan lahan. Tetapi ditargetkan pembangunannya selesai pada akhir 2022. Dana pembangunan ketiga bandara itu dari APBN, tak menutup (keselamatan) didanai dengan skema PPP (public private partnership)," lanjut Menhub.

Baca juga: Hari Ini Perluasan Ganjil Genap Berlaku, Ini Harapan Menhub

Menhub menyampaikan, kompetisi desain bandara ini merupakan yang kedua kalinya digelar setelah tahun lalu. Rencananya, tahun depan sayembara serupa juga digelar utamanya untuk pembangunan bandara-bandara di wilayah Timur Indonesia.

"Tahun depan mungkin ada beberapa di Papua, ada di Fakfak dan Nabire. Kita bangun juga, sekarang lagi penyelesaian tanah, tahun depan kita mulai dengan sayembara bangunan," tutup dia.

Hasil karya pemenang sayembara tersebut kini dipamerkan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, mulai hari ini, Kamis (12/9/2019) hingga beberapa hari ke depan.

Baca juga: Layanan Gocar Kini Bisa Dipesan di Bandara Soekarno-Hatta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com