Gojek Dinobatkan Jadi Merek Digital Paling Bernilai di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi driver Gojek dengan helm dan jaket berlogo baru  GojekIlustrasi driver Gojek dengan helm dan jaket berlogo baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand Gojek masuk dalam daftar 10 besar BrandZ Most Valuable Indonesian Brand 2019.

Merek paling bernilai di Indonesia adalah Gojek yang menempati posisi enam dan menjadi perusahaan teknologi dengan peringkat paling baik di antara perusahaan lain.

Dalam laporan BrandZ 2019, menyatakan bahwa nilai merek atau brand value Gojek pada 2019 sebesar 4,487 miliar dollar AS, tumbuh 88 persen dibandingkan 2018. 

Menurut BrandZ, Gojek unggul sebagai The Most Valuable Digital Brand alias merek digital paling bernilai yang dinilai berdasarkan aspek-aspek Purpose, Innovation, Communications, Experience, dan Love yang membentuk metriks meaningful (bermakna), different (unik/berbeda dengan brand lain), dan salient (selalu diingat).

Baca juga: Gojek Suntikkan 3 Juta Dollar AS ke Startup Fintech Pluang

Aspek-aspek tersebut menunjukkan bahwa brand health (kesehatan merek) Gojek sangat baik sehingga mendukung pertumbuhan nilai merek.

Co-Founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan, pihaknya menyambut kabar baik tersebut dan bersyurkur atas predikat ini.

"Ini berarti kehadiran Gojek masih membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat  Indonesia. Kami mendirikan Gojek karena ingin mengatasi masalah mobilitas, keberhasilan solusi yang kami tawarkan melalui ride-hailing kemudian membawa kami kepada potensi-potensi solusi vertikal lainnya," kata Kevin dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).

Kevin menyebutkan, saat ini Gojek telah memiliki lebih dari 20 layanan dalam satu platform termasuk layanan pesan-antar makanan, dompet digital, gaya hidup, dan lainnya.

Pun data dari Nikkei menyebutkan jumlah pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia paling banyak dibandingkan dengan aplikasi on-demand lainnya.

"Data yang sama juga menyebutkan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia setara dengan jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi ride-sharing terbesar dunia di Amerika," ungkapnya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X