Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Berencana Ekspansi GrabKitchen ke Seluruh Indonesia

Kompas.com - 13/09/2019, 09:43 WIB
Rina Ayu Larasati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab melalui layanan GrabFood akan melakukan ekspansi GrabKitchen yang merupakan layanan cloud kitchen ke seluruh Indonesia. 

Rencana pengembangan jaringan GrabKitchen ini dilakukan karena adanya perkembangan bisnis GrabFood pada semester pertama tahun 2019. 

“GrabFood merupakan pilar utama pertumbuhan Grab di Indonesia dan kami sangat senang mengumumkan bahwa kami segera menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini,” ucap President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata lewat keterangannya (13/9/2019) 

Nilai penjualan kotor (GMV) GrabFood telah tumbuh tiga kali lipat pada semester pertama tahun 2019, menjadikan GrabFood siap menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini.

Pertumbuhan ini terjadi sangat pesat karena menjamurnya restoran cepat saji di kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Medan, dan Bandung. 

Baca juga: Grab Dapat Kucuran Dana Rp 28 Triliun untuk Ekspansi di Indonesia

GrabKitchen pertama kali dikenalkan ke publik di September 2018 dan resmi diluncurkan pada April 2019. Saat ini sudah tersedia 10 GrabKitchen yang ada di Jakarta dan Bandung. Grab menargetkan akan membuka 50 GrabKitchen lainnya di Indonesia. 

"GrabKitchen merupakan inovasi solusi kami dalam menjembatani kesenjangan permintaan pelanggan, sembari menyediakan peluang-peluang bisnis baru untuk para mitra merchant kami dan mendorong mereka untuk tumbuh dengan pesat,” kata Head of GrabKitchen, Sai Alluri

GrabKitchen merupakan sebuah cloud kitchen yang menyatukan berbagai merchant makanan dan minuman (F&B) dalam sebuah fasilitas pusat.

Tujuan kehadirannya adalah guna menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi di wilayah-wilayah tertentu dengan memanfaatkan data untuk mengidentifikasi dan memetakan kesenjangan permintaan pelanggan.

 

Baca juga: Ini 5 Kiat Supaya UMKM Bisa Berkembang ala Bos Grab

Lewat GrabKitchen, mitra merchant dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka dengan biaya dan risiko yang rendah dan mengembangkan bisnis di wilayah-wilayah baru. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui GrabFood, sehingga dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia.

Untuk pelanggan, GrabKitchen tidak hanya menghadirkan sajian favorit GrabFood mereka lebih dekat, tapi juga mempersingkat waktu pengantaran, sehingga meningkatkan keseluruhan pengalaman pelanggan.

Mereka kini juga dapat memesan berbagai macam jenis makanan dari berbagai merchant dalam satu kali pesanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com