Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhimpunan Rumah Sakit: JKN Bukan Kayak Tiket Bioskop...

Kompas.com - 13/09/2019, 13:00 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) tidak bisa memberikan jaminan layanan rumah sakit akan meningkat seiring naiknya iuran BPJS Kesehatan.

Seperti diketahui, pemerintah akan menaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen untuk peserta kelas I dan kelas II mulai 1 Januari 2020.

"Itu media mestinya memahami, ini bukan seperti tadi, JKN itu bukan kayak jual beli makanan, kaya jual beli tiket bioskop," ujar Anggota Kompartemen Jaminan Kesehatan Persi Odang Muchtar, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

"Artinya saat iuran naik, pelayanan harus naik ya enggak begitu karena iuran itu sudah lama juga enggak naik sudah 3-4 tahun," sambungnya.

Baca juga: Jeritan Rumah Sakit hingga Klinik untuk BPJS Kesehatan

Menurut Odang, tidak ada sangkut paut antara besaran iuran BPJS Kesehatan dengan layanan rumah sakit. Oleh karena itu ia meminta jangan mengaitkan keduanya.

Sebab ucapnya, rumah sakit punya komitmen untuk memberikan layanan yang baik kepada pasien sesuai amanat Undang-Undang Rumah Sakit.

Bahkan, ia mengatakan bahwa rumah sakit tetap berusaha tidak menurunkan pelayanan meski BPJS Kesehatan menunggak triliunan rupiah program JKN.

"Sebanyak 2.800 anggota Persi komitmennya adalah memenuhi standar safety kepada pasien," kata dia.

"Layanan itu terlihat di kelas-kelas rumah sakit. Kelas 3 dan kelas 2 itu beda layanannya. Misal satu kamar berapa orang dan sebagainaya. Kebutuhan medis tetap bisa dipenuhi oleh rumah sakit dan itu komitmen," sambung Odang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com