China Bakal Kecualikan Kedelai dan Daging Babi AS dari Tarif Impor

Kompas.com - 13/09/2019, 21:41 WIB
Ilustrasi perang dagang AS dan China. SHUTTERSTOCKIlustrasi perang dagang AS dan China.

BEIJING, KOMPAS.com - China bakal mengecualikan produk kedelai dan daging babi dari putaran aksi balas tarif dengan Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari CNN, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi ketegangan perdagangan antar kedua negara. Pasalnya, China dan Amerika Serikat saat ini tengah bersiap untuk putaran baru negosiasi perdagangan.

Kantor berita pemerintah China, Xinhua mengumumkan rencana perubahan kebijakan tersebut pada Jumat (13/9/2019).

"Ada prospek luas untuk mengimpor produk pertanian berkualitas tinggi dari Amerika Serikat," tulis Xinhua.

Baca juga: Dampak Perang Dagang, Ekspor China ke AS Anjlok

Adapun petani kedelai Amerika Serikat telah terdampak cukup hebat akibat perang dagang. Pasalnya, China merupakan pasar terbesar AS sebelum akhirnya mereka merespons pemberlakukan tarif impor oleh AS dengan menerapkan pajak serupa.

Terdapat tanda-tanda tensi ketegangan di antara kedua negara ekonomi terbesar di AS telah mereda. Keduanya pun bakal melakukan negosuasi di awal Oktober mendatang.

China mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan menghapuskan tarif pada beberapa barang AS. Presiden AS Donald Trump mengikuti dengan rencananya sendiri untuk mendorong kembali tarif baru pada barang-barang Tiongkok dua minggu.

Ada tanda-tanda bahwa ketegangan perdagangan antara kedua negara ekonomi terbesar di dunia bakal mereda menjelang perundingan yang diperkirakan akan terjadi pada awal Oktober.

Sebelumnya, China telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapuskan tarif pada beberapa barang impor asal AS.

Di sisi lain, Presiden AS Donald Trump pun mengikuti dengan mengundurkan penerapan tarif atas beberapa produk dalam jangka waktu dua minggu.

Baca juga: Sri Mulyani: Ada Spekulasi Perang Dagang Berubah Jadi Perang Mata Uang



Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X