Siang Ini, 12 Penerbangan Lion Grup Ditunda Karena Kabut Asap

Kompas.com - 17/09/2019, 13:02 WIB
Pesawat Lion Air saat parkir di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Jumat (19/7/2019) sore. KOMPAS.com/HERU DAHNURPesawat Lion Air saat parkir di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Jumat (19/7/2019) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai-maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group terpaksa menunda jadwal penerbangan ke beberapa rute di Tanah Air.

Penundaan atau delay terpaksa dilakukan karena ada gangguan jarak pandang akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Sumatera.

"Iya, karena ada kabut asap kebaran," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dibungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Danang mengatakan, akibat kabut asap kebakaran jarak pandang menjadi lebih pendek. Akibatnya, kondisi ini tidak memenuhi syarat untuk laik terbang bagi maskapai penerbangan.

"Untuk dampak keterlambatan pagi ini karena cuaca buruk yang menyebabkan jarak pandang pendek. Sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan pesawat take off dan landing," jelasnya.

Dia menjelaskan, adapun penundaan keberangkatan penerbangan itu ialah pada pukul 10.30 WIB. Total ada 14 penerbangan berbagai maskapai dan sejumlah bandara alami penundaan.

Selain itu terdapat juga dua penerbangan yang dibatalkan pada maskapai Wings Air. Yakni rute Surabaya-Sampit dan Sampit - Surabaya.

"Keterlembatan keberangkatan sampai pemberitahuan lebih lanjut, untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," tambahnya.

Adapun penerbangan yang alami penundaan sebagai berikut.

Lion Air

1x flight Makassar ke Pontianak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X