Menaker: Perubahan Dunia Kerja Sangat Cepat dan Masif

Kompas.com - 17/09/2019, 21:08 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri memberikan sambutan pada acara diskusi yang digelar Perkumpulan Prakarsa di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (17/9/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri memberikan sambutan pada acara diskusi yang digelar Perkumpulan Prakarsa di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengungkapkan sektor ketenagakerjaan kini tengah menghadapi perubahan besar. Ini terjadi karena dinamika industri yang ikut berubah akibat kemajuan teknologi.

"Sisi ketenagakerjaan, kita ini menghadapi dunia baru yang berubah begitu cepat dan masif, karena didorong oleh pertumbuhan teknokogi informasi," kata Hanif ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Hanif mengatakan, kehadiran teknologi dan kemajuan inovasi di dalamnya telah menghasilkan perubahan besar, termasuk dunia kerja.

Selain itu, perubahan itu juga terlihat dan bisa dirasakan di ekonomi yang juga mengubah sistem bisnisnya.

Baca juga : Jepang Dilanda Kekurangan Tenaga Kerja

"Bukan hanya konsep bisnisnya, bahkan dari struktur kepemilikan juga berubah. Dulu orang bicara produksi dulu, modal, lahan, teknologi, dan lain-lain. Sekarang enggak, udah beda lagi, kalau yang konvensional yang mengandalkan main of production, sekarang lebih mengandalkan knowledge," ungkapnya.

Menurut Menaker, dengan adanya dinamika perubahan itu maka dampak lanjutannya juga terjadi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X