Cerita Sri Mulyani soal Minggu 'Tergila' di Pemerintahan Jokowi...

Kompas.com - 18/09/2019, 06:30 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kawasan DPR Jakarta, Selasa (16/7/2019) MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kawasan DPR Jakarta, Selasa (16/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan ekstra padat bukanlah hal yang aneh bagi seorang Menteri Keuangan Sri Mulyani

Bahkan, saat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, ia sudah biasa pergi dari satu negara ke negara lain.

Namun, perempuan yang kerap disapa Ani itu merasakan minggu tergila saat menjadi Menteri Keuangan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Minggu ini adalah minggu yang gila bagi kami (Kementerian Keuangan)," ujarnya saat bicara dalam acara CSIS Global Dialogue, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Baca juga: Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Butuh Perlindungan dari Kicauan Trump

Dalam beberapa minggu terakhir, kata dia, Kementerian Keuangan dan DPR sangat intens membahas anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) 2020.

Pembahaaan APBN bukanlah hal baru bagi Sri Mulyani sebab setiap tahun pemerintah pasti membahas anggaran bersama DPR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kali ini dirasakan berbeda oleh Sri Mulyani. Sebab, pembahasan APBN cukup ngebut lantaran masa kerja anggota DPR 2014-2019 akan habis.

Dalam minggu-minggu terakhir ini, Sri Mulyani sudah bolak-balik datang ke Gedung DPR. Mulai dari rapat kerja dengan Komisi XI, Badan Anggaran DPR hingga hadir di Rapat Paripurna DPR.

Baca juga: Sri Mulyani: Saya Tahu Ada Paket Meeting yang Ecek-ecek...

Rapat tersebut tidak dilakukan sekali atau dua kali. Bahkan, rapat kerja dengan DPR bisa berlangsung dari pagi hingga malam hari.

Ia menilai pembahaaan APBN 2020 akan lebih singkat lantaran akan ada pergantian anggota DPR yang baru dalam waktu dekat.

"Tetapi intensitasnya jauh lebih tinggi," kata dia.

Minggu-minggu tergila Sri Mulyani semakin lengkap lantaran Presiden juga kerap menggelar rapat terbatas di Istana Negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.