Banyak Daerah Kekeringan, Mentan Sebut Ketahanan Pangan RI Kuat

Kompas.com - 18/09/2019, 14:42 WIB
ilustrasi kekeringan
KOMPAS ilustrasi kekeringan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaeman menilai ketahanan pangan Indonesia dalam kondisi kuat meski terjadi kemarau yang berkepanjangan.

Bahkan seperti diketahui, sejumlah daerah di Indonesia mengalami kekeringan akibat hujan yang tidak kunjung turun selama berbulan-bulan.

"( Kekeringan) Enggak mengganggu (ketahanan pangan) karena infrastruktur sudah kita bangun 4 tahun, jadi ketahanan pangan kita kuat," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Amran mengaku sudah melaporkan bahwa ketersediaan pangan Indonesia aman.

Baca juga: Pemanfaatan Alsintan Bisa Jadi Solusi Atasi Kekeringan

Bahkan kata dia, stok beras melimpah yakni 2,4-2,5 juta ton. Hingga akhir 2019, Mentan bilang akan ada 7-10 juta ton beras hasil panen petani.

Sementara itu kebutuhan beras masyarakat Indonesia kata Mentan ada diangka 2,5 juta ton per bulan.

"Kami laporkan alhamdulilah semua posisi aman terutama beras, stoknya lebih dari cukup. Bahkan kami sewa gudang di Jawa Timur," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X