Menhub: Indonesia Siap Bantu Kamboja di Sektor Perkeretaapian

Kompas.com - 19/09/2019, 08:52 WIB
Foto : Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengunjungi PT INKA melihat langsung perkembangan proyek kereta api Bandara Soekarno Hatta dan Palembang di Kota Madiun, Jumat ( 3/2/2017) siang. Kontributor Madiun, Muhlis Al AlawiFoto : Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengunjungi PT INKA melihat langsung perkembangan proyek kereta api Bandara Soekarno Hatta dan Palembang di Kota Madiun, Jumat ( 3/2/2017) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Transportasi dan Pekerjaan Umum Kamboja Sun Chanthol.

Pertemuan itu dilakukan untuk membahas peluang kerjasama kedua negara di Sektor transportasi.

“Kementerian Perhubungan Republik Indonesia berkeinginan untuk membahas serta membina kerja sama bilateral potensial di sektor transportasi antar kedua negara, khususnya di sub sektor  perkeretaapian,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2019).

Budi mengatakan, Kamboja tengah membuat perencanaan pembangunan infrastruktur yang luar biasa di bidang transportasi khususnya moda perkeretaapian, pelabuhan, serta jalan guna meningkatkan sektor perdagangan dan pariwisata.

“Sehubungan dengan ini, saya percaya bahwa ada potensi besar bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama, khususnya bagi Indonesia untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Kamboja serta peningkatan kemampuan bagi petugas terkait transportasi di Kamboja untuk mendapatkan pembelajaran di Indonesia,” kata Budi.

Budi menambahkan, Kemenhub membuka peluang kerjasama di bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di bidang perkeretaapian.

“Kita memiliki Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Madiun yang dapat membantu pengembangan kemampuan SDM Kamboja dengan memberikan pelatihan dan pendidikan seperti tentang Rekayasa Mekanika Kereta Api, Teknik Elektro Kereta Api, Manajemen Transportasi Kereta Api, dan Teknik Pembangunan Jalur dan Kereta Api, serta berbagi pengetahuan di dalam bidang perkeretaapian,” tambahnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X