Riset: 58 Persen Masyarakat Pilih Pesan Makanan Lewat Aplikasi

Kompas.com - 19/09/2019, 16:29 WIB
Go-Food Festival di Pasaraya Blok M. KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNAGo-Food Festival di Pasaraya Blok M.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga riset Nielsen menyebutkan bahwa, tidak kurang dari 95 persen masyarakat Indonesia lebih suka makanan siap santap. Dari angka itu, 58 persen di antaranya memesan menggunakan lewat aplikasi pesan-antar.

Hasil riset ini berjudul "Understanding Indonesia's Online Food Delivery Market" dan dilakukan di tujuh kota besar di Indonesia.

"58 persennya memesan melalui layanan pesan antar lewat aplikasi ponsel," kata Executive Director of Consumer insight Nielsen Singapura, Garick Kea di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Garick menjelaskan, survei ini melibatkan 1.000 responden yang tersebar di sejumlah kota besar Indonesia. Yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Medan.

Dari sisi usia, responden yang disurvei dengan rentang usia 18-45 tahun untuk pria dan wanita. Adapun data diambil berdasarkan penggunaan layanan pesan antar selama tiga bulan terakhir.

Baca juga: Gemar Pesan Makanan Ketimbang Memasak? Itu Fenomena Kekinian...

Survei dilakukan pada pengguna aplikasi layanan pesan makanan yang beroperasi di Indonesia, Grabfood dan GoFood.

"Pertama kali Nielsen melakukan studi ini. Kami perlu melihat tren tahun sebelumnya. Kami memulai riset ini karena online food delivery di Indonesia sebagai fenomena yang menarik," terangnya.

Dari riset ini juga, diketahui bahwa layanan pesan antar makanan menempati posisi kedua dari pilihan masyarakat membeli makanan.

Posisi pertama adalah kebiasaan makan di restoran atau tempat makan, dan posisi ketiga adalah kebiasaan konsumen untuk membawa pulang atau take away.

Garick menyebutkan, jika ditinjau dari sisi frekuensi, pemesanan makanan didominasi yang dilakukan penggunaan aplikasi pesan-antar sekitar 2,6 kali dalam seminggu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X