Hingga September, Amartha Kucurkan Pendanaan Rp 1,35 Triliun

Kompas.com - 20/09/2019, 19:40 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech peer to peer (p2p) lending PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp1,35 triliun dengan TKB 90 sebesar 99,21 persen hingga 20 September 2019.

Founder sekaligus CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra meyebutkan, peningkatan penyaluran pendanaan ini tak terlepas dari semakin bertambahnya perempuan pengusaha mikro yang telah didanai oleh Amartha.

"Hingga kini, Amartha telah menyalurkan pendanaan kepada 284,581 perempuan pelaku usaha mikro yang berada di 4100 desa. Dana yang Amartha salurkan berasal dari pendana perorangan ataupun institusi," kata Andi Taufan Garuda Putra dalam siaran pers, Jumat (20/9/2019).

Baca juga: Fintech Tokomodal Kantongi Izin dari OJK

Menurutnya, total pendanaan yang telah disalurkan itu bakal memberikan dampak sosial pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para perempuan pengusaha mikro. Terlebih, pendanaan tersebut bisa diakses oleh perempuan pelaku usaha mikro yang tidak memiliki akses keuangan.

Selain pendanaan, Amartha juga memberikan pendampingan usaha kepada seluruh mitra peminjam, agar usaha dapat tumbuh dan berkembang.

"Metode ini berhasil meningkatkan pendapatan perempuan mitra Amartha sebesar 60 persen dan mengurangi tingkat kemiskinan mitra Amartha sebesar 22 persen," jelasnya.

Adapun bagi para pendana, pihaknya juga memberikan kesempatan untuk para pendana melakukan donasi. Donasi tersebut nantinya bakal disalurkan untuk kegiatan sosial, seperti pemeriksaan kesehatan mata dan pemberian kacamata gratis di seluruh pulau Jawa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X