Beda dengan Pria, Ini kelebihan Wanita dalam Berbisnis

Kompas.com - 22/09/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudiosIlustrasi

KOMPAS.com - Pada pandangan sebagian besar orang, bisnis selalu identik dengan dunianya para pria, meskipun saat ini sudah banyak wanita yang terjun dan sukses di dalam dunia bisnis.

Namun ada saja anggapan bahwa kehadiran wanita masih dianggap remeh. Dunia bisnis keras dan wanita terlalu lembut untuk melakukan semua itu, begitulah kira-kira anggapan sebagian orang terkait dengan kondisi tersebut.

Padahal jika ditilik lebih jauh lagi, di Indonesia sendiri bidang UKM bahkan kebanyakan ditangani oleh wanita. Artinya, peluang sukses wanita di dalam bisnis sama saja besarnya dengan pria.

Meski memiliki karakter yang berbeda dalam menangani bisnis, pada dasarnya wanita ternyata justru punya keunikan tersendiri dalam urusan yang satu ini.

Wanita dinilai memiliki banyak kelebihan ketika terjun ke dunia bisnis, di mana berbagai kelebihan ini justru bisa membawa mereka sukses di dalam dunia bisnis itu sendiri.

Berbagai kelebihan yang dimiliki wanita dalam berbisnis ini bahkan jarang dimiliki oleh para pria, bahkan sering membuat pria menjadi iri. Jadi ini lho kelebihan wanita dalam berbisnis seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Wanita Biasanya Sangat Jeli dengan Peluang Bisnis

Bukan para pria yang melihat peluang bisnis dengan mudah dan cepat, tapi justru kelebihan seperti ini ada pada wanita. Wanita pada umumnya begitu jeli melihat berbagai peluang bisnis di sekitarnya, bahkan yang terkecil sekalipun.

Wanita senang mengamati berbagai hal, terutama yang berkaitan atau berada di lingkungannya. Hal ini memberikan kelebihan tersendiri, di mana berbagai peluang bisnis bisa saja hadir di dalam benak para wanita dengan cepat.

Tidak selalu dengan ide yang luar biasa dan besar, berbagai peluang bisnis terkecil seperti ini justru bisa direalisasikan dengan lebih mudah oleh para wanita. Misalnya: menjual sarapan di depan rumah saat pagi hari, membuka laundry untuk para tetangga yang selalu membutuhkan jasa cuci, atau bahkan untuk sekadar menjual kue/gorengan di sore hari.

Meski terbilang kecil, berbagai peluang usaha ini justru sangat masuk akal dan mudah dijalankan. Dan peluang-peluang usaha terkesan remeh tapi menghasilkan inilah sering tak terpikirkan kaum pria.

2. Wanita Biasanya Lebih Tangguh dan Punya Daya Juang Tinggi

Siapa bilang wanita lembek dan mudah menyerah? Di dalam menjalankan bisnis, wanita hampir tidak mengenal kata menyerah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X