Harga Emas Naik, Bagaimana Prospek Bisnis Emas Digital Pegadaian?

Kompas.com - 23/09/2019, 14:34 WIB
Ilustrasi emas SHUTTERSTOCKIlustrasi emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat bulan belakangan, harga emas bergerak naik. Bahkan, sejak Januari sampai Agustus 2019 kenaikannya hampir 10 persen.

Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, utamanya kondisi ekonomi global yang tidak bisa diprediksi, seperti penyerangan kilang minyak Saudi Aramco dua pekan lalu. Akibatnya, banyak investor yang beralih ke aset-aset safe haven seperti emas.

Beralihnya investor ke aset-aset safe haven juga mempengaruhi kinerja PT Pegadaian (Persero) di lini investasi emas digital. Per Agustus 2019, tabungan emas di Pegadaian telah mencapai 3,3 ton dengan 2,6 juta penabung.

Peningkatannya sekitar 2 ton dari Juni 2019.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengakui banyak nasabah yang melakukan top up untuk meningkatkan investasi emas karena harganya yang tengah naik.

"Banyak juga yang karena nilainya tinggi, mereka lebih (banyak) top up," kata Kuswiyoto di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Baca juga: Awali Pekan, Harga Emas Antam Turun

Kendati demikian, kenaikan emas yang terlalu signifikan juga dimanfaatkan investor untuk menggadaikan tabungan emasnya. Pun menebus emasnya di Pegadaian untuk dijual kembali.

"Jadi ada plus minusnya. Bagi masyarakat yang lihat harga emasnya naik, mereka nebus untuk dijual. Itu salah satu minusnya," jelas Kuswiyanto.

Adapun untuk mendorong animo masyarakat agar semakin gencar menabung emas, pihaknya bakal meluncurkan kartu chip seperti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk tabungan emas.

Nantinya kartu yang diberi nama Gold Card tersebut akan diberikan kepada pemilik tabungan untuk bertransaksi di manapun, baik di pusat perbelanjaan atau menarik uang tunai melalui ATM. Rencananya, Gold Card bakal mulai diluncurkan bulan Oktober.

"Gold Card bulan depan mungkin sudah launching. Jadi biar yang punya tabungan emas enggak sia-sia," jelasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X