Demonstrasi di Sejumlah Kota Bikin IHSG Tergelincir

Kompas.com - 24/09/2019, 15:49 WIB
Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJASejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan pada perdagangan Selasa (24/9/2019). Pada pukul 15.00 WIB, IHSG merosot 1,24 persen ke level 6.129,68.

Hal ini tak terlepas dari kondisi politik yang tidak stabil di tengah demonstrasi mahasiswa di sejumlah kota atas penolakan mereka terhadap RUU KUHP dan UU KPK yang kontroversi.

Analis Jasa Capital Utama Chris Aprliony menyatakan bahwa merahnya pergerakan IHSG siang ini dipengaruhi oleh sentimen politik yang saat ini memanas di Indonesia.

“Iya karena demo di mana-mana," ujar Chris yang dihubungi via jaringan seluler, Selasa.

Mempertimbangkan aksi demo yang saat ini masih berlangsung bahkan melibatkan lebih banyak masa, Chris menilai IHSG akan ditutup melemah pada perdagangan sore nanti dengan proyeksi IHSG akan ditutup di level 6.100.

Baca juga: Ada Demontrasi, Berpengaruh bagi Tren Simpanan di Bank?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui beberapa waktu ke belakang gerakan masa yang menolak peresmian UU bermasalah gencar melakukan aksi di depan gedung DPR RI.

Bahkan semalam, demo yang dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai universitas ini sempat mendudukan jalan tol dalm kota yang memicu kekhawatiran banyak pihak.

Head of Research Samuel Sekuritas juga melihat bahwa demo menjadi alasan IHSG melantai di zona merah pada hari ini, pasalnya selain Indonesia tidak ada Indeks lain yang turun.

Terkait pernyataan pemerintah yang menyatakan KPK menjadi alasan sulitnya investor masuk ke Indonesia, Chris memilih tidak berkomentar hingga ditemukan kajian mendalam terkait pernyataan ini.

Baca juga: Kata Pengusaha, Keberadaan KPK Beri Kepastian Hukum untuk Investasi

Untuk investor sendiri, Chris menyarankan untuk tidak panik dan mencermati kinerja fundamental emiten jika ingin mengakumulasi saham.

“Saran saya investor tidak perlu panik, kembali lagi lihat fundamental perusahaan, selama kinerja perusahaan baik, justru sekarang waktu yang tepat untuk membeli," tutur Chris. (Irene Sugiharti)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: IHSG tergelincir, analis sebut akibat demonstrasi di sejumlah kota



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X