China Programkan ASN Mereka Belajar ke Perusahaan Seperti Alibaba

Kompas.com - 25/09/2019, 07:00 WIB
Gedung Utama Alibaba Campus di distrik Xixi, Hangzhou, China, Senin (16/4/2018) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAGedung Utama Alibaba Campus di distrik Xixi, Hangzhou, China, Senin (16/4/2018)

HONG KONG, KOMPAS.com - Pemerintah China mengirimkan pegawainya untuk bekerja di beberapa perusahaanr aksasa swasta. Alasannya, untuk meningkatkan kinerja manufaktur berteknologi tinggi.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (25/9/2019), pemerintah setempat mengatakan para aparatur sipil negara ( ASN) di kota Hangzhou yang merupakan pusat bagi perusahaan swasta di Provinsi Zhejiang CHina akan dikirim ke 100 perusahaan di wilayah tersebut, termasuk raksasa e-commerce Alibaba dan produsen mobil Geely.

Peran dari perwakilan pemerintah tersebut untuk menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan perusahaan yang bersangkutan serta untuk membantu kinerja inti perusahaan.

Misi tersebut termasuk dalam ambisi China untuk menjadi negara adidaya di bidang teknologi dengan menggerakkan rantai pasokan industri manufakturing raksasa mereka.

Baca juga : BI Ingin Indonesia Belajar dari China dan India Soal Pengelolaan Data

Namun demikian, pengumuman pemerintah tersebut menimbalkan pro-kontra di sosial media China dengan banyak pihak yang mempertanyakan semakin besarnya pemerintah di bidang bisnis swasta. Selain itu, hal tersebut juga meningkatkan kekhawatiran pemerintah negara lain mengenai independensi dari perusahaan swasta seperti Huawei.

Penyebabnya adalah, perusahaan raksasa teknologi dan telekomunikasi tersebut tengah berjuang untuk melawan klaim banyak pihak yang menyudutkan mereka sebagai mata-mata dari pemerintah China.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X