Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Bijih Nikel China dari Indonesia Naik 26,5 Persen pada Agustus

Kompas.com - 25/09/2019, 17:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah Indonesia melarang ekspor bijih nikel telah mendorong impor besar-besaran industri China. Tercatat impor bijih nikel China dari Indonesia naik 26,5 persen secara tahunan (yoy) pada Agustus.

Sebagai langkah antisipasi sekaligus menimbun bahan baku dari produsen stainless steel China sebelum pelarangan ekspor diberlakukan. Asal tahu, pemerintah Indonesia pada 2 September lalu mengumumkan pelarangan ekspor bijih nikel terhitung 1 Januari 2020.

Melansir dari Reuters, Rabu (25/9/2019), data kepabeanan China menunjukkan negara produsen stainless steel terbesar ini mengimpor 5,72 juta ton bijih nikel dan terkonsentrasi secara total bulan lalu, naik 5,5 persen dari Juli, tetapi 7,5 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Impor dari Indonesia mencapai 1,61 juta ton, naik dari 1,27 juta ton dari tahun sebelumnya, tetapi turun 8,4 persen dari bulan sebelumnya.

Baca juga: Pelita Samudera Shipping Teken Kontrak Pengapalan Bijih Nikel dan Batu Bara

Sementara itu, pengiriman dari Filipina, pemasok bijih nikel terbesar di China mencapai 3,99 juta ton bulan lalu, naik 13,2 persen dari 3,52 juta ton pada Juli, tetapi turun 16,8 persen dari Agustus 2018.

Namun para ahli mengatakan bahwa meskipun industri tambang nikel Filipina kemungkinan akan meningkatkan produksi tahun depan, mereka tidak dapat menyamai kadar bijih Indonesia yang lebih tinggi dan tidak akan dapat sepenuhnya mengisi kekosongan pasokan. (Yudho Winarto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Impor bijih nikel China dari Indonesia naik 26,5% pada Agustus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com