Bisnis Terpukul Demonstrasi, Forever 21 Hengkang dari Hong Kong

Kompas.com - 25/09/2019, 18:06 WIB
Suasana gerai Forever 21 di South State Street, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 8 Agustus 2014. Timothy Hiatt/Getty Images/AFPSuasana gerai Forever 21 di South State Street, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 8 Agustus 2014.

HONG KONG, KOMPAS.com - Peritel mode asal AS Forever 21 memutuskan untuk menutup gerai terakhirnya di Hong Kong.

Ini menandai hengkangnya Forever 21 dari Hong Kong akibat aksi demonstrasi yang tak kunjung reda selama tiga bulan tersebut.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (25/9/2019), aksi protes yang berujung ricuh di beberapa kawasan pusat perbelanjaan di Hong Kong disebut menjadi penyebab utama hengkangnya Forever 21.

Akibat aksi demo, gerai terakhir Forever 21 di distrik Mong Kok terpaksa ditutup. Adapun Forever 21 mengajukan bangkrut pada Agustus 2019 lalu.

"Forever 21 berada di bawah tekanan dalam beberapa tahun terakhir (karena) menghadapi persaingan dengan online, sementara situasi terkini di sektor ritel (Hong Kong) menyebabkan penutupan gerai lebih cepat," kata Helen Mak, direktur senior di Knight Frank.

Baca juga: Forever 21 Dikabarkan Bakal Bangkrut

Forever 21 pertama kali hadir di Hong Kong pada tahun 2011 dengan gerai seluas 4.645 meter persegi di Causeway Bay. Kemudian, Forever 21 menambah gerai di Mong Kong pada 2016.

Karena industri fast fashion meredup, Forever 21 menutup gerai di Causeway Bay pada dua tahun lalu. Kemudian, gerai tersebut diambil alih oleh raksasa ritel pakaian dalam Victoria's Secret.

Dalam laporan terkait pendaftaran lahan, penyewaan gerai di Mong Kok oleh Forever 21 baru akan berakhir pada Mei 2023.

Adapun secara keseluruhan, Forever 21 berencana menutup setidaknya 100 gerai sebagai bagian dari upaya restrukturisasi.

Forever 21Tokyo Fashion Forever 21

Dalam dokumen Chapter 11, Forever 21 mengajukan agar perusahaan bisa tetap beroperasi sambil berupaya membayar kewajiban pada kreditur dan memperbaiki bisnis. Namun demikian, hingga kini Forever 21 belum mengonfirmasi rencana pengajuan kebangkrutan.

"Gerai-gerai kami tetap buka dan itulah maksud kami untuk terus mengoperasikan sebagian besar gerai di AS, termasuk juga sebagian kecil gerai internasional kami," kata pihak Forever 21.

"Juga memberikan layanan terbaik dan beragam produk yang disukai konsumen dan diekspektasikan dari Forever 21."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X