Gantikan Lagarde, Kristalina Georgieva Jadi Bos Baru IMF

Kompas.com - 26/09/2019, 07:07 WIB
Kristalina Georgieva, ekonom Bulgaria DOMINICK REUTER / AFP Kristalina Georgieva, ekonom Bulgaria

LONDON, KOMPAS.com - Ekonom asal Bulgaria Kristalina Georgieva terpilih menjadi direktur pelaksana Dana Moneter Internasional ( IMF). Dia menggantikan Christine Lagarde yang saat ini menjabat sebagai Gubernur bank sentral Eropa (ECB).

Georgieva merupakan seorang pimpinan eksekutif di Bank Dunia. Dia menjadi orang pertama dari negara berkembang yang memimpin IMF.

Wanita ini menjadi nominasi satu-satunya dalam proses pemilihan Direktur Pelaksana IMF. Georgieva akan menjabat dalam 5 tahun ke depan, dimulai pada 1 Oktober 2019.

Baca juga: UE Pilih Kepala Eksekutif Bank Dunia Kristalina Georgieva untuk IMF

"Saya adalah seseorang yang percaya bahwa untuk membantu stabilitas sistem ekonomi dan keuangan global perlu adanya kerjasama internasional," ujar Georgieva setelah dipilih sebagai pimpinan IMF seperti dikutip dari BBC, Kamis (26/9/2019).

Dia pun menambahkan, berada di puncak kepemimpinan IMF merupakan sebuah tanggung jawab yang besar, terutama di tengah perekonomian global yang terus melemah, tensi perdagangan meningkat, dan tingkat utang berada di level yang sagat tinggi secara historis.

Georgieva mengatakan, tujuan jangka panjang IMF adalah untuk mendukung kondisi keuangan, fiskal an kebijakan-kebijakan struktural untuk membangun perekonomian yang lebi kuat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Artinya juga harus berhadapan dengan isu ketidaksetaraan, risiko iklim dan perubahan teknologi yang pesat. Tujuan saya adalah untuk memperkuat IMF dengan membuatnya memiliki pandangan yang lebih jauh terhadap kebutuhan anggotanya," ucapnya.

Baca juga: IMF Evaluasi Perekonomian Indonesia, Apa Hasilnya?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X