Pembangunan Jalur KA Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Rampung Akhir 2019

Kompas.com - 26/09/2019, 20:50 WIB
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro meresmikan ruang tunggu KA Bandara Adi Soemarmo di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIDirektur Utama PT KAI Edi Sukmoro meresmikan ruang tunggu KA Bandara Adi Soemarmo di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan jalur Kereta Api ( KA) Bandara Adi Soemarmo, Solo ditargetkan selesai pada Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea di sela peninjauannya ke lokasi pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo pada Kamis (26/9/2019).

"Pembangunan jalur kereta api tersebut sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan selesai di Desember 2019," ujar Andi Gani dalam keterangannya, Kamis.

Menurut Andi, pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo ini dapat membantu mobilitas penumpang dari Kota Solo menuju Bandara Adi Soemarmo yang sekarang ditempuh dalam waktu 40 menit.

Baca juga: Menhub Pastikan Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Beroperasi Oktober

"Dengan beroperasinya jalur kereta api bandara tersebut jarak tempuh dari Bandara Adi Soermarmo ke Stasiun Solo Balapan hanya 15 menit," kata Andi.

Diketahui, total jalur KA antara Stasiun Solobalapan - Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km. Jalur kereta api tersebut dibagi menjadi 2 segmen, yaitu segmen 1 sepanjang 3,5 km yang merupakan jalur KA eksisting dan segmen 2 sepanjang 10 km adalah jalur KA baru.

Proyek KA Bandara Adi Soemarmo ini merupakan sinergi dari beberapa BUMN, yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), dan PT PP (Persero) Tbk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X