Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Buka Sayembara Desain Ibu Kota Baru Oktober 2019, Tertarik?

Kompas.com - 27/09/2019, 18:16 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membuka sayembara desain ibu kota baru di Kalimantan Timur pada awal Oktober 2019. Sayembara ini dapat diikuti oleh urban planner dalam negeri dan mancanegara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pendaftaran sayembara ini akan dimulai pada 2 hingga 11 Oktober 2019 mendatang. 

“Kita kan baru mau syembara masterplan bulan depan (Oktober),” ujar Basuki usai menghadiri acara CEO Update Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Baca juga: Waskita Karya Usulkan Smart Building di Ibu Kota Baru

Basuki menambahkan, setelah masa pendaftaran, pelaksanaan sayembara akan dilaksanakan pada 11 Oktober hingga 25 Desember 2019.

“Desember selesai sayembara, lalu 6 bulan difinalkan desainnya, jadi paling cepat semester II (2020) baru lelang,” kata Basuki.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pemerintah telah memiliki konsep dasar pengembangan ibu kota baru, yaitu smart and green city.

Baca juga: Di Ibu Kota Baru, Tak Perlu Lagi Beli Elpiji

Para juri yang akan menilai hasil sayembara bakal merumuskan term of reference (TOR) atas kriteria desain yang harus diikuti setiap peserta, berdasarkan konsep dasar yang telah ada. 

Sayembara ini akan dimulai di tingkat nasional. Kelak, dipilih tiga pemenang untuk kemudian dikembangkan dan disayembarakan lagi di level internasional.

"Di level internasional tidak bebas menentukan desainnya, karena basisnya dari yang ketiga tersebut. Dan dari sayembara internasional itu dicari mana yang bisa improve lebih baik dan mudah-mudahan hasil dari itu akan lebih baik," ungkap Basuki kepada Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Mobil Akan Kena Diskriminasi di Ibu Kota Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com